detikNews
Sabtu 05 Januari 2019, 15:12 WIB

Pantau Arus Balik, Kakorlantas: 26 Ribu Kendaraan Menuju Jakarta

Isal Mawardi - detikNews
Pantau Arus Balik, Kakorlantas: 26 Ribu Kendaraan Menuju Jakarta Kakorlantas Irjen Refdi Andri, meninjau arus balik libur panjang Natal dan Tahun Baru 2019. (Foto: Isal Mawardi/detikcom)
Jakarta - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Kepolisian Indonesia, Irjen Refdi Andri, meninjau arus balik libur panjang Natal dan Tahun Baru 2019. Volume kendaraan arus balik dari Tol Cikampek ke Jakarta mencapai 26 ribu kendaraan.

"Jalur yang ke arah Cikampek sana kalau kita lihat jumlahnya kendaraan yang melintas jumlahnya 22 ribu sementara yang masuk ke arah sana (Jakarta) 26 ribu," ujar Refdi Andri di gerbang Tol Cikarang Utama, Sabtu (5/1/2019).


Refdi mengatakan data tersebut diambil dari pukul 06.00 WIB hingga 12.00 WIB hari ini. Volume kendaraan dari Cikampek ke Jakarta terlihat padat karena semua jenis kendaraan menggunakan tol.


"Kendaraan-kendaraan ini menggunakan badan jalan, sehingga kadang-kad
Kondisi lalu lintas di Gerbang Tol Cikarang UtamaKondisi lalu lintas di Gerbang Tol Cikarang Utama (Foto: Isal Mawardi/detikcom)
ang terkesan padat lalu lintas. Tapi kalau kita hitung kendaraannya tidak banyak," ujar Refdi.


Refdi memperkirakan kepadatan lalu lintas terjadi pada malam ini. Ia memprediksi puncak arus balik terjadi Minggu (6/1) besok.

"Demikian juga besok. Karena besok ya menjadi perkiraan kita menjadi sangat puncaknya, baik pada sore hari besok maupun juga menjelang pagi," ujar Refdi.


Refdi mengatakan kendaraan pribadi masih mendominasi arus balik di Tol Cikampek-Jakarta. Refdi mengatakan petugas juga akan fokus pada rest area.

"Mereka (pemudik) memang mentargetkan untuk mereka istirahat di (KM) 102 mungkin (KM) 166 itu akan jadi perhatian kita nanti, begitu pula sampai Jakarta," ujar Refdi.
(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com