DetikNews
Rabu 02 Januari 2019, 20:23 WIB

Anies akan Bahas Masalah Busa di Kali Item dengan Mendag dan Menperin

Indra Komara - detikNews
Anies akan Bahas Masalah Busa di Kali Item dengan Mendag dan Menperin Anies saat mengecek kondisi Kali Item di samping Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, yang sempat muncul busa tebal. (Indra Koamra/detikcom)
Jakarta - Penyebab munculnya busa di Kali Sentiong atau Kali Item, Kemayoran, Jakarta Pusat, diketahui berasal dari limbah detergen. Untuk itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menemui Menteri Perdagangan Enggartiasto dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto untuk membahas pencemaran limbah detergen di Kali Sentiong.

"Ini problem seluruh Indonesia, ini kelihatan di sini karena ada rumah pompa, sehingga airnya diaduk, lalu terlihat busanya. Tempat lain yang nggak ada rumah pompa nggak terlihat. Jadi langkah yang akan kita lakukan, satu, saya akan mengatur (pertemuan) untuk bisa bicara dengan Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan," kata Anies di Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (2/1/2019).


Anies mengatakan pertemuan tersebut bertujuan salah satunya untuk membuat regulasi. "Agar ada regulasi yang lebih baik yang menyangkut detergen di Indonesia," tuturnya.

Pengaturan regulasi itu dirasa penting agar rumah tangga menggunakan produk yang ramah lingkungan. Sebab, lanjut Anies, jika tidak diatur soal penggunaan detergen, limbah detergen yang mencemari kali akan semakin tinggi.

"Selama produk yang digunakan mencuci standar pencemaran lingkungannya tinggi, kita akan selalu mengalami masalah ini," kata Anies.


Setelah meninjau langsung Kali Item, Anies mengungkapkan, busa yang muncul di Kali Item beberapa waktu lalu disebabkan oleh pencemaran detergen dari limbah rumah tangga. Setelah dicek, air di Waduk Sunter mengandung kadar detergen yang tinggi.

"Ketika air dari Danau Sunter itu dipompa dan dimasukkan ke Kali Item, limbah sisa detergen seperti diaduk dan keluar buih yang amat banyak. Dan itu memang airnya mengandung detergen yang sangat tinggi, dan ini yang harus ditangani secara komprehensif," paparnya.

Anies pun menuturkan busa di Kali Item akan muncul saat air di Waduk Sunter Sunter dipompa. Posisi rumah pompa air Waduk Sunter Selatan berada di seberang Kali Item.

"Karena saat ini mau tidak mau kita harus melakukan pemompaan dan saat itu muncul busanya. Busa itu muncul karena setiap pompa itu dinyalakan. Cuma karena nggak ada yang motret, maka nggak menjadi perhatian," kata Anies.



Simak juga video 'Anies: Kali Item Berbusa Karena Kadar Detergen Sangat Tinggi':

[Gambas:Video 20detik]


(idn/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed