detikNews
Kamis 27 Desember 2018, 18:04 WIB

Eks Bos Bank Century Robert Tantular Dicegah KPK ke Luar Negeri

Haris Fadhil - detikNews
Eks Bos Bank Century Robert Tantular Dicegah KPK ke Luar Negeri Robert Tantular (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - KPK meminta Ditjen Imigrasi mencegah eks Dirut Bank Century Robert Tantular ke luar negeri. Pencegahan dilakukan dalam tahap penyelidikan kasus dugaan korupsi skandal Bank Century.

"Untuk kebutuhan proses penyelidikan di KPK kami melakukan pelarangan ke luar negeri terhadap Robert Tantular sejak hampir sebelum pertengahan Desember karena penyelidikan kasus Century berjalan," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (27/12/2018).
Febri mengatakan permintaan pelarangan ke luar negeri itu sesuai dengan kewenangan KPK yang diatur dalam UU 30/2002 tentang KPK. Robert sendiri sudah pernah dimintai keterangan oleh KPK dalam penyelidikan kasus Century.

"Ada sekitar 40 orang sudah dimintakan keterangan karena lebih jauh mendalami fakta-fakta terkait hal ini," ucapnya.

Robert sendiri kini dalam masa bebas bersyarat usai menjalani sekitar 10 dari 21 tahun hukuman penjara di kasus perbankan dan pencucian uang. KPK sendiri tak banyak berkomentar terkait pembebas bersyarat.

Terkait penyelidikan kasus Bank Century, KPK menyatakan sudah ada kemajuan dalam penyelidikannya. Dalam kasus skandal Bank Cenutry yang ditangani KPK sebelumnya, sudah ada satu orang yang dijatuhi vonis bersalah, yaitu Budi Mulya.
Dia merupakan eks Deputi Gubernur BI yang dihukum 10 tahun penjara dalam kasus ini. Budi Mulya terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi dalam proses pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) dan penentuan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik.

Majelis hakim menilai perbuatan Budi Mulya dan sejumlah orang lainnya telah merugikan keuangan negara sebesar Rp 689,894 miliar dalam pemberian FPJP dan penyertaan modal sementara (PMS) dua tahap, yakni Rp 6,7 triliun dan Rp 1,250 triliun, sehingga total dana yang digelontorkan untuk penyelamatan Century mencapai Rp 8,012 triliun.

Sedangkan di tingkat kasasi, hukuman Budi Mulya diperberat menjadi 15 tahun penjara oleh Mahkamah Agung.


Saksikan juga video 'KPK Umumkan Babak Baru Kasus Century Pekan Depan':

[Gambas:Video 20detik]


(haf/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed