Pimpin Rapat, JK Akan Tinjau Lokasi Terdampak Tsunami Selat Sunda

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 23 Des 2018 13:15 WIB
Wapres Jusuf Kalla (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memimpin rapat penanggulangan tsunami di Selat Sunda yang menerjang pesisir Banten-Lampung. Rapat digelar di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta.

Seperti dilansir Antara, Minggu (23/12/2018), JK tiba dari Makassar sekitar pukul 12.05 WIB. Begitu tiba di Halim, JK memimpin rapat bersama MenPAN-RB Syafruddin, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga.


Seusai rapat, JK dijadwalkan meninjau lokasi bencana dengan helikopter dari Halim. Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang masih berada di Tana Toraja, Sulsel, sebelumnya juga terus memantau perkembangan akibat tsunami di Banten dan Lampung ini.

Menurut update yang dilakukan BNPB hari ini per pukul 10.00 WIB, tercatat ada 62 orang meninggal dunia, 584 orang luka-luka, dan 20 orang hilang akibat musibah yang menerjang pesisir Banten-Lampung ini. Adapun lokasi yang terkena dampak paling parah berada di pesisir Kabupaten Pandeglang, Banten.


"Daerah yang paling terdampak parah adalah Kabupaten Padeglang, yaitu kawasan wisata dan permukiman sepanjang pantai dari Tanjung Lesung, Sumur, Teluk Lada, Panimbang, dan Carita. Oleh karena itu, saat ini sedang disiapkan, akan dilakukan survei dan pemetaan dengan pesawat terbang yang dilakukan TNI, BNPB kerahkan heli," ujar Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Minggu (23/12).

Selain itu, ada ratusan unit rumah rusak parah akibat gempa. Tsunami ini menerjang saat Seventeen sedang tampil di panggung. Bassist Seventeen, Bani, menjadi salah satu korban meninggal. Aa Jimmy juga menjadi salah satu korban yang meninggal dunia akibat tsunami.


Saksikan juga video 'Jokowi Minta Semua Pihak Bergerak Bantu Korban Tsunami':

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/imk)