Tim Jokowi: Jangan Ada 'Tepukan Ajaib' di Debat Capres

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 21 Des 2018 15:05 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Azizah/detikcom)
Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin berharap debat capres berjalan dengan tertib. Tidak ada calon ataupun penonton yang emosional selama debat berlangsung. TKN juga menyinggung soal 'tepukan ajaib'.

"Debat itu sesuatu hal yang baik, menyampaikan gagasan. Maka, kami berharap dalam debat itu nggak ada yang emosi, nggak ada yang marah-marah, tidak ada yang menggunakan 'tepukan ajaib'," ucap Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto kepada wartawan di Serang, Banten, Jumat (21/12/2018).


Tepukan ajaib yang dimaksud oleh Hasto adalah kejadian saat Hatta Rajasa, cawapres Prabowo Subianto pada Pilpres 2014, menepuk pundak Jusuf Kalla dalam debat capres-cawapres. Kejadian itu ramai diperbincangkan oleh netizen karena dianggap janggal. Namun Hasto tidak menjelaskan masalah terkait hal tersebut.

Kembali ke soal debat capres 2019, Hasto menginginkan debat menjadi tempat pertukaran pemikiran. Dengan begitu, menurutnya, akan muncul gagasan untuk pembangunan Indonesia.

"Debat itu harus diisi dengan gagasan-gagasan untuk rakyat, untuk bangsa dan negara," ucap Hasto.


Selain itu, Hasto menyebut Jokowi sudah siap berdebat. Jokowi disebut punya bekal cukup sebagai calon petahana.

"Kalau kita lihat debat dulu kan Pak Jokowi sangat siap. Apalagi setelah pengalaman beliau sebagai presiden," ucap Hasto.

Debat capres pertama akan dilaksanakan pada 17 Januari 2019 di Jakarta. Debat itu akan mengusung tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.



Saksikan juga video '5 Tema Telah Disiapkan Untuk Debat Pilpres 2019':

[Gambas:Video 20detik]

(aik/gbr)