DetikNews
Rabu 19 Desember 2018, 10:42 WIB

Apel Natal di Stasiun Gambir, Menhub Imbau Pelayanan Ditingkatkan

Guruh Nuary - detikNews
Apel Natal di Stasiun Gambir, Menhub Imbau Pelayanan Ditingkatkan Menhub apel natal dan tahun baru (Guruh Nuary/detikcom)
Jakarta - Kementerian Perhubungan menggelar apel persiapan Natal dan tahun baru di lapangan Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Menhub Budi Karya Sumadi, yang memimpin apel, mengimbau moda transportasi umum meningkatkan pelayanan.

"Mengingat dalam kurun waktu Natal dan tahun baru akan terjadi lonjakan penumpang di semua moda, termasuk kereta api. Peningkatan layanan angkutan kereta api yang baik, kualitas maupun kuantitas, dilakukan sebagai upaya membantu mobilisasi masyarakat dalam masa liburan panjang Natal dan tahun baru," ujar Budi di lapangan Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (19/12/2018).

Budi juga meminta selama masa Natal dan tahun baru ini, seluruh jajaran operator transportasi, khususnya PT KAI, meningkatkan pengawasan dan kewaspadaan. Dia mengatakan diprediksi lonjakan jumlah penumpang akan terjadi pada 21-25 dan 28 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019.

"Sedangkan puncak lonjakan penumpang terjadi pada 31 Desember 2018," katanya.


Dalam kesempatan itu, Budi juga memberikan beberapa arahan yang harus diaplikasikan aparat keamanan, baik TNI maupun Polri. TNI-Polri diminta meningkatkan keamanan dan berkoordinasi dengan balai teknik perkeretaapian.

"Guna mewaspadai gejala alam, khususnya rawan banjir dan longsor, dikarenakan saat ini telah memasuki masa penghujan, sehingga perlu ditingkatkan kewaspadaan para petugas di lapangan. Selain itu, juga kami berharap untuk dapat melibatkan pemda dalam upaya meningkatkan keselamatan di lokasi rawan kecelakaan tersebut, juga di lintasan sebidang," tutur Budi.


Budi mengaku, dalam persiapan Natal dan tahun baru ini, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi ke 11 lokasi daerah operasi (daop) di Kendal dan Tegal, Jawa Tengah. Ramp check hingga pelatihan taruna akademi perkeretaapiaan yang nantinya melakukan inspeksi juga dilakukan.

"Saya berharap kepada personel yang bertugas pada masa natal dan tahun baru ini dapat menjaga kondisi kesehatannya sehingga dapat bertugas dengan baik. Saya juga menyadari bahwa di samping tugas harus optimal, Saudara memiliki keluarga yang harus membutuhkan perhatian kehadiran Saudara secara bersama-sama. Oleh karena itu, melalui kesempatan ini, izinkan saya menyampaikan penghargaan yang tinggi, rasa terima kasih dan bangga kepada keluarga Saudara yang dengan ikhlas merelakan Saudara untuk menunaikan tugas pada hari di mana seharusnya Saudara berkumpul dengan keluarga," tuturnya.

"Saya berharap dari apel gelar pasukan Natal 2018 dan tahun baru 2019 ini memberikan motivasi dan semangat sebagai insan perkeretaapian dan memberi manfaat bagi kita semuanya. Semoga Allah SWT selalu meridhoi kita semua dan memberikan petunjuk dan bimbingan untuk menjalankan tugas," imbuh Budi.

Apel ini dihadiri jajaran dan pegawai PT KAI serta jajaran kepolisian dan TNI.


Saksikan juga video 'Dirut KAI Tinjau Jalur dan Stasiun Madiun Jelang Libur Nataru':

[Gambas:Video 20detik]


(mae/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed