detikNews
Minggu 16 Desember 2018, 00:04 WIB

Berkah di Pesta Rakyat, Ultah Sweet 17 Transmedia

Veynindia Esaloni Pardede, Aulia, Rolando - detikNews
Berkah di Pesta Rakyat, Ultah Sweet 17 Transmedia PKL di acara Sweet 17 Transmedia Foto: Rolando/detikcom
Banten - Di hari kedua hingga tengah malam, warga masih tetap memadati panggung utama Sweet 17 Transmedia di Lapangan Trans City, Serpong, Tangerang Selatan. Para pedagang kaki lima merasa bersyukur acara ini juga membawa berkah bagi mereka.

detikcom memantau suasana di sekitar area panggung utama Sweet 17 Transmedia di Lapangan Trans City, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (15/12/2018) pukul 23.15 WIB. Warga masih ramai menyaksikan penampilan sederet pengisi acara yang tampil atraktif menghibur.

Di luar itu, Sweet 17 Transmedia ini ternyata juga membawa berkah tersendiri bagi para PKL. Di sekitar arena bahkan hingga ke luar lokasi, ada banyak PKL yang mengais rezeki. Mereka menjajakan makanan dan minuman hingga mainan dan lain-lain. Momen ini mereka manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan lebih.

"Ini kayak pesta rakyat," kata Sutia (39) seorang pedagang kerak telor saat diwawancarai detikcom di lokasi.

Sutia pedagang kerak telorSutia pedagang kerak telor Foto: Rolando/detikcom

Sutia menceritakan, dirinya mengetahui ada acara Sweet 17 Transmedia di Serpong lewat televisi. Dia dan tiga orang rekannya pun berangkat ke lokasi untuk berjualan.

"Kami 4 orang datang pakai mobil borongan, semua dagang kerak telor, mencar-mencar," ucapnya.

Sutia menyebut dirinya di hari pertama kemarin memang kurang dapat hasil memuaskan. Namun hari ini keuntungan yang dia raih membuat senyumnya terkembang lebar.

"Kalau dibanding sama hari-hari biasa ya bagusan ini, pendapatan lumayan. Kalau hari biasa paling Rp 400-500 ribu. Kalau sekarang ya alhamdulillah bisa dua kali lipat. Ada lah," ujar Sutia. Dia bersyukur Transmedia menggelar acara ini dan berharap nantinya bisa rutin diagendakan.

"Kalau bisa 3 bulan sekali," cetusnya.

Hal senada juga disampaikan ibu penjual kopi dan tikar bernama Parti (50). Dia mengaku mendapat untung dua kali lipat dari hari biasanya. Parti sendiri mengaku datang jauh-jauh berdagang dari Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Dia datang ke acara Sweet 17 Transmedia usai melihat iklan di TV.

Parti (50) penjual kopi dan tikarParti (50) penjual kopi dan tikar Foto: Rolando/detikcom

"Meriah banget dari kemaren ya. Lumayan lah buat nambahin kebutuhan dapur sama anak sekolah," ucapnya seraya tersenyum. Parti mengaku merupakan penonton setia Transmedia. "Bukan setia lagi, ngefans bener!" celetuknya.

Selain mereka ada pula Nurwali (32) pedagang balon. Tak tanggung-tanggung, Nurwali sengaja datang berdagang jauh-jauh dari Indramayu, Jawa Barat, menggunakan motor sekitar 4-5 jam perjalanan.

"Hari ini rame sekali, lebih rame daripada kemaren. Hari ini lumayan rame, ya sampai tiga kali lipat. Kemarin hari pertama saya dapat Rp 200 ribu, hari ini sampai Rp 700 ribu. Kalau hari biasa paling sehari dapat Rp 100 ribu sampai Rp 150 ribu. Mumpung ada keramaian, kita kejar," ujarnya.

Nurwali (32) pedagang balonNurwali (32) pedagang balon Foto: Rolando/detikcom

Para pedagang lainnya saat ditanya juga menjawab hampir seragam. Mardi pedagang gorengan mengatakan, dirinya bersyukur pendapatannya bertambah berkat acara ini. Dia juga terhibur dengan penampilan para artis dan musisi yang tampil seperti Padi, Slank, Ayu Ting Ting, Judika dan lainnya.

"Kalau menurut saya alhamdulillah lumayan lah. Daripada kita keliling nggak jelas pendapatannya. Kalau di sini ya alhamdulilah Rp 200 ribu Menurut saya luar biasa acaranya. Pengunjung antusias, penghasilan juga lumayan," ucap Mardi.
(hri/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed