DetikNews
Senin 10 Desember 2018, 06:51 WIB

Strategi Sandi Pindah Markas ke Jateng Berisiko Sulit Koordinasi

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Strategi Sandi Pindah Markas ke Jateng Berisiko Sulit Koordinasi Gun Gun Heryanto (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Cawapres Sandiaga Uno berencana memindahkan posko pemenangan dari Jakarta ke Jawa Tengah (Jateng). Pengamat menilai strategi itu sebagai penetrasi ke basis pemilih Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Menurut saya ada upaya serius menggarap pemilih Jawa, karena Jawa dan Sumatera itu jadi kunci jumlah pemilih, pemilih Jawa dan Sumatra itu plus minus sekitar 78 persen. Di Jawa tengah sendiri kan pemilihnya ketiga setelah Jawa Barat dan Jawa Timur jumlah pemilihnya. Oleh karena jumlah pemilihnya besar ya mungkin itu ada strategi penetrasi juga ke basis pemilih Jokowi, karena kan Jawa Tengah itu basis Jokowinya kuat," kata pengamat politik, Gun Gun Heryanto, saat berbincang dengan detikcom, Minggu (10/12/2018).



Gun Gun memprediksi, posko utama pasangan Prabowo-Sandiaga Uno tetap berada di Jakarta. Namun bukan tak mungkin posko lain juga akan dibentuk di daerah lain seperti Jateng.

"Saya yakin posko utama atau posko nasionalnya mungkin masih di Jakarta, kan ini untuk koordinasi semua daerah. Karena kan aktifitas mereka lebih banyak juga di Jakarta. Tapi sebagai satu strategi penetrasi, bisa juga dimaknai sebagai upaya menggarap secara serius basis pemilih di Jawa. Saya mengira akan ada posko di Jawa Tengah, posko di Jawa Timur, yang mungkin terutama wilayah besar pemilihnya itu akan digarap secara serius melalui jejaring posko-posko itu," ujarnya.



Dia menilai ada risiko yang ditanggung jika posko di Jakarta ditiadakan. Sebab posko yang berada di luar Jakarta akan sulit berkoordinasi dengan tim kampanye mereka.

"Ya risikonya ada, ini kan rada sulit kalau misalnya koordinasi harus melalui Jawa tengah. Meskipun sekarang era teknologi, memungkinkan proses komunikasi itu berjalan lewat digital tapi strategi itu kan tidak seluruhnya bisa dibincangkan lewat perbincangan digital," ucapnya.



Sebelumnya diberitakan, Sandi akan memindahkan posko pemenangannya untuk menjaring suara lebih banyak di wilayah Jateng. Beberapa alasan Sandiaga memindahkan posko ke Jateng antara lain jumlah pemilih yang besar dan untuk mendulang suara lebih banyak di kandang banteng tersebut.

"Prabowo-Sandi menyadari, Jateng adalah medan yang menantang, dan pengalaman Pilpres 2014, kekalahan Prabowo di Jateng besar. Karena itu, Jateng menjadi perhatian khusus. Sudah dipertimbangkan kemungkinan Pak Sandi akan pindahkan pos pemenangan di Jateng," ungkap anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Sudirman Said.


Saksikan juga video 'Prabowo: Emak-emak Paling Pertama Merasakan Negara Ini Tak Beres':

[Gambas:Video 20detik]


(abw/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed