detikNews
Senin 10 Desember 2018, 05:38 WIB

KBRI Promosi Budaya Indonesia di Belanda Lewat Peragaan Busana

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
KBRI Promosi Budaya Indonesia di Belanda Lewat Peragaan Busana Foto: Peragaan busana (dok. KBRI Den Haag)
Jakarta - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag bekerja sama dengan Pelangi Wastra Indonesia menggelar peragaan busana 'The Modest Heritage of Indonesia'. Tujuannya, untuk mempromosikan keragaman budaya Indonesia lewat kain tradisional.

Peragaan busana yang diikuti 6 perancang ini disaksikan sekitar 200 orang, termasuk Duta Besar Wesaka Puja. Wesaka mengatakan selain untuk promosi budaya Indonesia peragaan itu juga untuk meningkatkan hubungan persahabatan antara Indonesia dan Belanda.

"Indonesia terdiri atas ribuan pulau dan ratusan suku bangsa dengan latar belakang etnis, bahasa, dan budaya yang berbeda-beda, termasuk tekstil uniknya yang sudah dikenal dunia, seperti batik," ujar Wesaka, dalam keterangan tertulis, Senin (10/12/2018).


Wesaka berharap, melalui peragaan busana itu, para undangan mendapat gambaran tentang Indonesia dengan kekayaan budaya. Selain itu juga mendapatkan gambaran tentang industri kreatif yang makin berkembang di Tanah Air.

"Lewat fashion show ini, saya berharap Anda semua mendapat gambaran tentang Indonesia dengan kekayaan budaya, serta gambaran tentang industri kreatif yang makin berkembang di Indonesia," katanya.

"Life is too short to wear boring clothes," imbuh Wesaka mengutip sebuah kutipan, yang dikaitkan dengan label mode Cushnie et Ochs.


Kedelapan perancang mode yang tampil pada fashion show tersebut adalah Leny Rafael, yang membuat rancangan dengan tenun Badui, Adelina Willy Suryani dengan sutra Garut, Rizki Permatasari dengan kain khas Sumba, Dwi Lestari Kartika dengan batik Bekasi, Gita Orlin dengan batik Trenggalek, Melisa A. Bermara dengan karya-karya yang terinspirasi oleh burung Enggang khas Kalimantan, Lala Gozali dengan kain lurik Jawa, dan Putri Permana dengan tas Jepara.
(mae/abw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed