DetikNews
Jumat 07 Desember 2018, 17:53 WIB

Ketua MPR Apresiasi Jokowi Teruskan Trans Papua Pasca-Serangan KKB

Yulida Medistiara - detikNews
Ketua MPR Apresiasi Jokowi Teruskan Trans Papua Pasca-Serangan KKB Zulkifli Hasan (Dok. MPR RI)
Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengapresiasi sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memerintahkan untuk melanjutkan pembangunan di Papua setelah peristiwa penembakan terhadap pekerja Trans Papua. Zulkifli mengingatkan bahwa pelaku harus ditindak tegas.

"Saya apresiasi bahwa Presiden terus lanjutkan pembangunan ya, dan harus ada tindakan tegas," kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (7/12/2018).



Ia menyebut penembakan terhadap pekerja proyek Trans Papua, yang diduga dilakukan oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya, adalah pelanggaran berat. Penyerangan itu dinilainya bertentangan dengan kemanusiaan.

"Bayangkan orang bekerja dibunuh sedemikian rupa sangat mengganggu, bertentangan dengan kemanusiaan, itu pelanggaran berat," ujar Zulkifli.


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pembangunan infrastruktur jalan Trans Papua sepanjang 4.600 kilometer (km) harus segera diselesaikan. Dia menegaskan insiden penembakan terhadap para pekerja proyek tak akan membuat takut bangsa.

"Dan (insiden) ini malah membuat tekad kita membara untuk melanjutkan tugas besar kita membangun tanah Papua," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (5/12).

"Tadi juga saya sampaikan kepada Menteri PU (Basuki Hadimuljono) bahwa pembangunan jalan di Wamena-Mamugu tetap diteruskan, Trans Papua sepanjang 4.600 km harus segera diselesaikan," sambungnya.


Tonton juga ' Ada Penembakan di Trans Papua, Jokowi Menolak Gentar ':

[Gambas:Video 20detik]


(yld/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed