DetikNews
Jumat 07 Desember 2018, 13:46 WIB

Ada 4 Smart Toilet di Skybridge Tanah Abang, Begini Penampakannya

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Ada 4 Smart Toilet di Skybridge Tanah Abang, Begini Penampakannya Smart Toilet di skybridge Tanah Abang (Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta - Skybridge Tanah Abang mulai dibuka untuk umum. Ada dua bangunan smart toilet yang tersedia di skybridge Tanah Abang.

Pantauan detikcom di Jembatan Penyeberangan Multiguna Tanah Abang, Jalan Jati Baru, Jakarta Pusat, Jumat (7/12/2018), terlihat dua bangunan smart toilet yang masing-masing terdapat dua kloset di dalamnya.


Untuk menggunakan toilet ini, warga harus menggunakan kartu uang elektronik. Saat ini smart toilet masih dalam masa uji coba hingga belum ada pemotongan saldo uang elektronik bagi penggunanya.

"Toilet masih uji coba, belum diberlakukan tap cash. Sudah bisa dipakai," ujar Staf PD Pal Jaya yang berada di lokasi, Supriadi.

Ada 4 Smart Toilet di Skybridge Tanah Abang, Begini PenampakannyaFoto: Lisye Sri Rahayu/detikcom

Keberadaan toilet ini merupakan permintaan dari PT KAI. Alasannya, agar pengguna skybridge tidak kebingungan jika hendak ke toilet karena toilet di stasiun khusus bagi penumpang KRL.

"Jangan sampai yang di skybridge itu mau ke toilet juga bingung. Mau ke musala bingung, sementara musala dan toilet yang ada di stasiun itu untuk penumpang. Masuk ke stasiun ya harus dengan tap tiket. Itu jangan sampai nantinya terjadi missed," ujar Senior Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta Edy Kuswoyo saat dihubungi detikcom, Selasa (13/11) lalu.
Smart toilet sudah digunakan TransJakarta sejak tahun lalu. Smart yang dimaksud dari toilet tersebut adalah semua menggunakan kontrol otomatis. Masuk dengan tapping yang sama dengan tapping TransJ atau KRL.

Selain itu smart toilet ini juga memiliki indikator gerak untuk menunjukkan ada orang di dalam atau tidak. Smart toilet ini juga menggunakan fan otomatis, lampu otomatis, pewangi ruangan otomatis.


Tonton juga ' KAI Minta Sejumlah Fasilitas di Skybridge Tanah Abang ':

[Gambas:Video 20detik]


(haf/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed