DetikNews
Jumat 07 Desember 2018, 10:16 WIB

Bupati Jepara Tersangka KPK Punya Harta Rp 2,3 M, Ini Rinciannya

Dhani Irawan - detikNews
Bupati Jepara Tersangka KPK Punya Harta Rp 2,3 M, Ini Rinciannya Bupati Jepara Ahmad Marzuqi (Wikha Setiawan/detikcom)
Jakarta - Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, yang dijerat KPK sebagai tersangka, memiliki total harta Rp 2,3 miliar. Jumlah itu dilaporkannya ketika masih berstatus sebagai calon Bupati Jepara 2017-2022.

Ditilik detikcom dari situs Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Jumat (7/12/2018), harta Ahmad itu tercatat pada 16 September 2016. Beberapa tahun sebelumnya, Ahmad juga pernah menyetor LHKPN dengan status Bupati Jepara.
Ahmad memang petahana memimpin Kabupaten Jepara. Dia memiliki sembilan bidang tanah dan/atau bangunan di penjuru Jepara. Total nilai dari hartanya di sektor itu tercatat Rp 441.076.250.

Selain itu, Ahmad mencatatkan harta berupa kendaraan bermotor, seperti Nissan Grand Livina, Toyota Avanza, dan Kawasaki Ninja. Ahmad juga memiliki simpanan berupa logam mulia dan giro atau setara kas.

Giro Ahmad tersebut nilainya cukup tinggi, yaitu Rp 1.558.489.837. Ahmad juga mempunyai utang yang dituliskan sebesar Rp 206.984.500.

Data LHKPN milik Ahmad sebenarnya ada yang terbaru, tetapi masih dalam proses perbaikan. Total, Ahmad sudah delapan kali menyetor LHKPN ke KPK.




"Pelaporan (terakhir Ahmad Marzuqi) untuk kekayaan selama 2017 dikirim 1 Oktober 2018. Status pelaporan saat ini masih perlu perbaikan," ucap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada detikcom.

Ahmad dijerat KPK karena menyuap hakim praperadilan Lasito di Pengadilan Negeri (PN) Semarang untuk meloloskannya dari status tersangka di Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah (Kejati Jateng). Saat itu, Ahmad dijerat Kejati Jateng terkait dengan dugaan korupsi penggunaan dana bantuan partai politik DPC PPP Kabupaten Jepara 2011-2014.

Sedangkan untuk Lasito, Febri menyebutkan, yang bersangkutan belum pernah sama sekali menyetor LHKPN ke KPK.


(dhn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed