DetikNews
Kamis 06 Desember 2018, 10:43 WIB

Gempa M 5,3 Guncang NTB, Siswa SD di Mataram Dipulangkan

Herianto Batubara - detikNews
Gempa M 5,3 Guncang NTB, Siswa SD di Mataram Dipulangkan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho (Samsudhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Gempa berkekuatan 5,3 skala Richter (SR) mengguncang wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) pada pukul 08.02 WIB. Para siswa di sekolah dasar langsung dipulangkan ke rumah pascakejadian ini.

"Anak-anak SD langsung dipulangkan pascagempa 5,3 SR yang mengguncang Kota Mataram," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho lewat akun Twitter resminya, Kamis (6/12/2018).


Dari video yang diunggah Sutopo, tampak kepanikan terjadi di sebuah sekolah usai gempa. Para guru dan siswa berhamburan ke luar area sekolah. Tampak ada siswi yang menangis.

Sutopo mengatakan gempa dirasakan keras di Kota Mataram dan Lombok selama 3-5 detik. Masyarakat panik dan berhamburan ke luar rumah dan bangunan.

"Di Denpasar gempa dirasakan sedang. Belum ada laporan korban dan kerusakan," ucapnya.


Berdasarkan analisis BMKG, episentrum gempa terletak pada koordinat 8,5 LS dan 116,06 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 10 kilometer arah barat laut Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, pada kedalaman 10 kilometer.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menjelaskan, memperhatikan lokasi episentrum, kedalaman hiposentrum, dan mekanisme sumbernya, gempa ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust).

Ditambahkan Rahmat, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Dia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang kebenarannya tidak dapat dipertanggungjawabkan.
(hri/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed