DetikNews
Rabu 05 Desember 2018, 16:23 WIB

Fadli soal Pemeriksaan Rekaman di 212: Habib Rizieq Bukan Timses

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Fadli soal Pemeriksaan Rekaman di 212: Habib Rizieq Bukan Timses Foto: Guruh Nuary/detikcom
Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI akan memeriksa rekaman pidato Habib Rizieq Syihab dalam Reuni 212. Waketum Gerindra Fadli Zon menegaskan tak ada pelanggaran kampanye yang dilakukan imam besar FPI itu.

"Nggak ada pelanggaran," ujar Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (5/12/2018).




Wakil Ketua DPR itu menjelaskan Habib Rizieq bukanlah bagian dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, sehingga dia bebas berpendapat.

"Habib Rizieq adalah seorang individu yang boleh menyatakan pendapatnya, jadi nggak ada. Dia bukan bagian dari tim kampanye atau bagian dari badan pemenangan," katanya.

"Jadi adalah hak Habib Rizieq untuk menyampaikan sikap apa pun dan boleh. Memang kenapa kalau kita ngomong 2019 ganti presiden? Saya ngomong di mana-mana itu nggak ada pelanggaran, pelanggaran apa?" sambung Fadli.




Sebelumnya, anggota Bawaslu, Rahmat Bagja, menyebut pihaknya akan memeriksa rekaman pidato Habib Rizieq Syihab di acara Reuni 212. Bawaslu akan bekerja sama dengan polisi dan kejaksaan untuk mengkaji ada atau tidak unsur pelanggaran kampanye.

"Soal rekaman yang kemarin (Rizieq), akan kita cek bareng sama kepolisian dan kejaksaan," ujar Rahmat kepada wartawan, Senin (3/12).

Rahmat mengatakan Bawaslu DKI akan mengkaji rekaman pidato Rizieq itu. Salah satu poin yang ditelusuri apakah ada ajakan memilih hingga apakah Rizieq masuk struktur tim kampanye salah satu pasangan calon peserta Pilpres 2019 atau tidak. Dia menjelaskan, nantinya pidato Habib Rizieq di Reuni 212 itu akan ditindaklanjuti Bawaslu DKI selama tujuh hari ke depan.


Saksikan juga video 'Habib Rizieq Haramkan Pilih Capres-Caleg Partai Penista Agama':

[Gambas:Video 20detik]


(mae/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed