detikNews
Jumat 23 November 2018, 16:45 WIB

Tinta Habis, Warga Solok Sumbar Terancam Tak Bisa Bikin e-KTP

Tim detikcom - detikNews
Tinta Habis, Warga Solok Sumbar Terancam Tak Bisa Bikin e-KTP ilustrasi e-KTP (Foto: Lamhot Aritonang)
Padang - Disdukcapil Solok Selatan, Sumatera Barat, menyatakan, pembuatan e-KTP di daerahnya akan terhenti pada awal Desember 2018. Alasannya karena tinta untuk cetak e-KTP sudah tidak mencukupi.

"Ribbon (tinta cetak e-KTP) di tahun ini yang tersisa hanya dua. Satu tinta untuk mencetak 500 keping e-KTP," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Solok Selatan Efi Yandri yang dilansir Antara, Jumat (23/11/2018).



Dia mengatakan, estimasi pencetakan e-KTP dalam sehari sekitar 100 hingga 150 keping. Dengan sisa tinta yang ada, hanya bisa melayani pencetakan e-KTP sampai awal Desember mendatang.

"Seperti hari kemarin, kami mencetak sebanyak 105 e-KTP, sementara sisa blanko KTP 4.488, dan data yang print ready record (PRR) sebanyak 4.421," ujarnya.

Dia menyebutkan seandainya sisa ribbon habis pada awal Desember, maka pencetakan e-KTP bisa dilanjutkan kembali sekitar akhir Februari atau awal Maret 2019.

"Biasanya anggaran cair pada akhir Februari. Jika awal Maret sudah sudah bisa cetak e-KTP maka sampai H-1 pemilihan umum semua e-KTP telah dicetak," ungkapnya.
(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com