DetikNews
Rabu 21 November 2018, 20:46 WIB

Kontroversi Amien Rais 'Ancam Jewer' Haedar Nashir

Elza Astari Retaduari, Fajar Pratama, Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kontroversi Amien Rais Ancam Jewer Haedar Nashir Amien Rais (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Pernyataan Amien Rais, yang berniat 'menjewer' Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir jika Muhammadiyah tidak memilih di Pilpres 2019, jadi kontroversi. Ada yang mengkritik Amien Rais, ada juga yang membela dan menganggapnya hanya candaan.

'Ancaman' Amien Rais itu disampaikan dalam acara Tabligh Akbar dan Resepsi Milad Ke-106 Masehi Muhammadiyah di Islamic Center Surabaya, Selasa (21/11/2018). Dia berpendapat Muhammadiyah seharusnya punya sikap resmi pada Pilpres 2019.

"Di tahun politik, tidak boleh seorang Haedar Nashir memilih menyerahkan ke kader untuk menentukan sikapnya di pilpres. Kalau sampai seperti itu akan saya jewer," kata Amien seperti dilansir Antara.



Amien juga meminta Muhammadiyah menentukan sikap secara organisasi untuk selanjutnya disampaikan kepada umat sehingga pada 17 April 2019 sudah tidak terjadi perdebatan memilih. Mantan Ketum PAN ini lalu mengungkap kriteria pemimpin yang menurutnya perlu dipilih.

"Pilih pemimpin yang beriman, diyakini, dan tidak diragukan keislamannya. Tanpa harus saya sebut nama, pasti Muhammadiyah sudah tahu," ucapnya.

Pernyataan Amien Rais ini mendapat berbagai respons. Ini kata mereka:


Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) menilai pernyataan Amien bertentangan dengan khitah Muhammadiyah. IMM mendukung Haedar Nashir.

"Terkait pernyataan Ayahanda Amien Rais yang akan menjewer Ketua Umum PP Muhammadiyah Ayahanda Dr Haedar Nashir apabila membebaskan warga Muhammadiyah untuk memilih siapa saja dalam pilpres pada 17 April 2019 nanti, DPP IMM menilai pernyataan yang dikeluarkan oleh Pak Amien bertentangan dengan semangat khitah yang sudah pernah digagas dalam Muktamar Muhammadiyah tahun 1971 di Makassar, yang menegaskan bahwa Muhammadiyah tidak terikat dengan partai politik apa pun dan menjaga jarak yang sama dengan semua partai politik," kata Ketua IPM Najih Prastiyo.



Raja Juli Antoni

Sekjen PSI yang juga eks Ketum Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Raja Juli Antoni, mengkritik Amien Rais. Bagi Toni, pernyataan Amien mengubur semangat independensi dan netralitas Muhammadiyah.

"Saya menyayangkan pernyataan Pak Amien Rais yang mau menjewer keras Ketum PP Muhammadiyah Pak Haedar Nasir yang membebaskan warga Muhammadiyah menentukan pilihan dalam pilpres. Sikap Pak Amien mengubur semangat independensi dan netralitas yang dipegang teguh Muhammadiyah selama ini," kata Toni

Raja Juli Antoni /Raja Juli Antoni (Ari Saputra/detikcom)



Fahri Hamzah

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menilai hal itu sebagai candaan Amien Rais. Itu karena Amien dan Haedar memiliki hubungan pribadi yang khusus. Karena itu, orang tidak bisa sembarang menafsirkan perkataan Ketua Dewan Kehormatan PAN tersebut kepada Haedar.

"Tanya dulu ke beliau, apa ininya, itu 'bercanda tingkat dewa' itu. Kita nggak bisa menginterpretasi," ujar Fahri.

"Mereka itu punya maqom masing-masing. Punya hubungan pribadi yang khusus, punya pengalaman yang khusus. Dan itu kan dalam lingkup para pimpinan-pimpinan negarawan Muhammadiyah kan, yang sudah teruji dalam sejarah ini, mereka punya bahasa-bahasa yang pada akhirnya nanti menjadi hikmahlah bagi kita," sambungnya.



Kontroversi Amien Rais 'Ancam Jewer' Haedar Nasir Fahri Hamzah (Gibran Maulana/detikcom)



Dradjad Wibowo

Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Dradjad Wibowo menilai ucapan Amien Rais itu sebagai bentuk keakraban seorang senior kepada junior, dalam hal ini Haedar Nashir. Pernyataan itu disebut sebagai cermin keakraban.

"Mas Haedar itu junior Pak Amien di Muhammadiyah, dan beliau berdua sudah saling mengenal dengan sangat akrab. Jadi saya melihat istilah 'menjewer' itu sebagai cermin keakraban," ungkap Dradjad.

[Gambas:Video 20detik]


(imk/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed