DetikNews
Selasa 20 November 2018, 21:32 WIB

Wiranto Ingatkan Pentingnya Jaga Persatuan di HUT Paguyuban Jateng

Ibnu Hariyanto - detikNews
Wiranto Ingatkan Pentingnya Jaga Persatuan di HUT Paguyuban Jateng Menko Polhukam Wiranto menghadiri tasyakuran HUT Paguyuban Jawa Tengah (PJT) ke-23 di TMII, Jakarta Timur. (Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menghadiri tasyakuran HUT Paguyuban Jawa Tengah (PJT) ke-23 di TMII, Jakarta Timur. Wiranto menekankan pentingnya menjaga persatuan Indonesia.

"Bangsa Indonesia merdeka itu karena persatuan. Banyak negara yang bubar karena tidak bisa menjaga persatuan," kata Wiranto dalam sambutan di HUT PJT ke-23 di Anjungan Jawa Tengah, TMII, Selasa (20/11/2018).

Wiranto, yang juga Ketua Dewan Pembina PJT, mengatakan Presiden Joko Widodo juga sering kali mengingatkan pentingnya menjaga persatuan. Sebab, menurutnya, kata 'persatuan' juga tercantum dalam sila ketiga Pancasila dan UUD 1945.


Menko Polhukam Wiranto menghadiri tasyakuran HUT Paguyuban Jawa Tengah (PJT) ke-23 di TMII, Jakarta Timur.Menko Polhukam Wiranto menghadiri tasyakuran HUT Paguyuban Jawa Tengah (PJT) ke-23 di TMII, Jakarta Timur. (Ibnu Hariyanto/detikcom)



"Persatuan harus dijaga dan ini dicantumkan juga di pancasila sila ketiga. Di cantumkan di tengah karena sangat penting," jelas Wiranto

Dia berharap Paguyuban Jawa Tengah juga dapat berperan dalam menjaga dan merawat persatuan Indonesia. Senan, bagi Wiranto, bila tidak bersatu, sebuah negara akan mengalami kekalahan.

"Lalu di mana posisi PJT ini? Kita mengambil bagian untuk merawat persatuan negeri ini. Kalau tidak satu negeri ini pasti kita akan kalah dan tersingkir, kemudian kita tidak bisa mencapai cita-cita masyarakat yang adil dan makmur," tuturnya.

Tak lupa, dia juga mendoakan Paguyuban Jawa Tengah agar tetap guyub dan rukun. Paguyuban menjadi tempat saling membantu dan tolong menolong antarsesama.

"Paguyuban asalnya dari kata 'guyub' dalam kamus itu mengandung rasa kebersamaan saling membantu tolong-menolong," imbuh Wiranto.
(ibh/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed