DetikNews
Jumat 16 November 2018, 20:15 WIB

Berdayakan UMKM, Pemkot Semarang Raih Penghargaan Natamukti

Robi Setiawan - detikNews
Berdayakan UMKM, Pemkot Semarang Raih Penghargaan Natamukti Foto: Dok Pemkot Semarang
Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menyerahkan penghargaan 'Piala Natamukti' kepada Pemerintah Kota Semarang. Penerimaan penghargaan ini diwakili oleh Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Penghargaan Natamukti merupakan penghargaan yang diberikan kepada kota atau kabupaten yang terbaik dalam memasarkan, mendorong peningkatan kualitas, serta membangun ekosistem UMKM di daerahnya.

"Meningkatnya pertumbuhan ekonomi harus diikuti pemerataan kesejahteraan masyarakat. Ini yang harus diperhatikan, jangan sampai kemajuan pertumbuhan ekonomi hanya dinikmati segelintir orang saja," ujar Puspayoga daam keterangan tertulis, Jumat (16/11/2018).


Pemberian penghargaan diberikan di Graha Widya Bakti, Puspita Serpong, Tangerang Selatan dalam gelaran penganugerahan penghargaan yang merupakan bagian dari rangkaian acara Gebyar UKM Indonesia 2018.

Ajang Penghargaan Natamukti ini merupakan salah satu upaya memajukan koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah. Kemajuan koperasi dan UMKM di suatu daerah butuh peran serta pemerintah kabupaten/kota sebagai pengambil kebijakan daerah.

Koperasi di daerah juga harus didukung, karena koperasi merupakan upaya dalam mencapai pemerataan kesejahteraan. Jangan sampai keberhasilan pertumbuhan ekonomi hanya dirasakan segelintir orang saja.

Pemerintah Kota Semarang berhasil menerima penghargaan Natamukti bersama dengan 19 Kota dan 19 Kabupaten di Indonesia. Sedangkan Natamukti Nindya diraih Kota Banjarbaru, Kabupaten Bantaeng, dan Kabupaten Banyuwangi.

Natamukti Nindya Ganapravara diraih Kabupaten Kulon progo, Kota Denpasar, Kota Bandung, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Makassar.

"Penghargaan ini merupakan wujud apresiasi atas kinerja dari seluruh komponen masyarakat di dalam bersama-sama memajukan UMKM. Mudah-mudahan penghargaan ini akan semakin memotivasi seluruh pihak terkait untuk memberikan kontribusi positif bagi perkembangan dan kemajuan UMKM," ujar Hevearita.

Adapun penghargaan Natamukti Nindya diberikan kepada kota atau kabupaten yang terbaik dalam meningkatkan daya saing UMKM secara keseluruhan, baik di tingkat nasional bahkan internasional. Sedangkan Natamukti Ganapravara diberikan kepada pemenang Natamukti Nindya yang terus menunjukkan kinerja yang bagus.

Peraih penghargaan Natamukti ditentukan melalui proses yang tidak mudah. Tahap-tahapnya yaitu para nominator penghargaan mengisi formulir yang mengacu pada model Natamukti, yaitu bagaimana melakukan pengembangan UMKM yang terpercaya, terdepan, dan teratur.


Formulir tersebut yang dikirimkan oleh kabupaten dan kota kemudian direview oleh tim yang ditunjuk International Council for Small Business (ICB) Indonesia. Tim ICB melakukan review, mencari masukan dari berbagai pihak, termasuk kemudian disusun dalam daftar usulan pemenang penghargaan Natamukti 2018.

Selanjutnya hasil akhir ditentukan melalui rapat khusus dengan pejabat tinggi yang ditunjuk Menteri KUKM pada awal November 2018.
(ega/idr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed