DetikNews
Jumat 16 November 2018, 10:31 WIB

Kapolda Metro: 7.000 Petugas Siaga Tangani Banjir di Jakarta

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kapolda Metro: 7.000 Petugas Siaga Tangani Banjir di Jakarta Foto: Kanavino-detikcom
Jakarta - Kapolda Metro Jaya, Irjen Idham Azis menyebut ada 7.000 anggota satgas (satuan tugas) yang disiagakan untuk menangani masalah saat musim hujan di Jakarta, terutama banjir. Satgas ini terdiri dari polisi, TNI, dan instansi pemerintah terkait.

"Dalam rangaka hadapi musim penghujan Polda Metro bersama Kodam, Pemda (DKI Jakarta), kita siapkan kurang lebih 7.000 personel," kata Idham kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (16/11/2018).




"Ini, kita siapkan untuk selalu siaga menghadapi musim penghujan," sambung Idham.

Dalam Satgas tersebut, terdapat 13 sub Satgas di tingkat polres, kodim, dan kantor wali kota se-Jakarta. Pembagian itu dilakukan agar petugas responsif saat terjadi banjir.

"Sehingga, kalau misalnya terjadi hanya sifatnya lokal, ditangani sub satgas di polres," ucap Idham.

Menurut Gubernur DKI Anies Baswedan, Jakarta akan mengalami musim penghujan sampai Maret 2019. Dia mengingatkan kesigapan petugas agar masyarakat tenang saat terjadi banjir.

"Laporan BMKG, musim hujan di wilayah ibu kota terjadi sampai Maret. November sampai Maret (2019). Harus lakukan langkah antisipasi secara rinci dan detail," kata Anies saat apel kesiapan penanganan musim hujan.




Selain itu, Anies menyebut ada 30 titik rawan banjir di Jakarta. Lokasi itu selalu digenangi air saat musim hujan.

"Jakarta terdapat 30 titik dimana disana terjadi genangan secara reguler dari tahun ke tahun. Tempat itu secara rutin berpotensi banjir," ucap Anies.

Sebelumnya, Anies meyakini seluruh elemen di DKI akan bekerja sama dengan baik untuk mengantisipasi banjir. Dia bicara tiga kata kunci mengantisipasi banjir.

"Ada tiga kata kunci yang harus disiapkan oleh kita semua, siaga, tanggap, galang, sehingga kita melewati musim penghujan ini dengan baik," ujarnya.


Saksikan juga video 'Polres Jakbar Siagakan Pasukan untuk Antisipasi Banjir':

[Gambas:Video 20detik]


(aik/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed