DetikNews
Jumat 16 November 2018, 10:02 WIB

Tweet SBY Dianggap Jawab Kegalauan Pendukung Prabowo

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Tweet SBY Dianggap Jawab Kegalauan Pendukung Prabowo Foto: @hendri.satrio
Jakarta - Dua mantan Presiden RI, Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menyoroti visi-misi Prabowo Subianto. Pengamat komunikasi politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai seharusnya Prabowo bersyukur atas masukan itu.

"Prabowo-Sandi mestinya malah bersyukur dapat masukan dari 2 Presiden RI, presiden ke-5 dan ke-6, dalam waktu yang hampir bersamaan," ujar Hendri dalam keterangan tertulis, Jumat (16/11/2018).


Hendri menilai pernyataan SBY yang mungkin ditujukan untuk Prabowo itu sangat tepat konten dan tepat waktu. Pernyataan itu juga menjawab kegalauan pendukung Prabowo selama ini.

"Tweet SBY menjawab kegalauan pendukung Prabowo yang menilai Prabowo kurang gereget bergerak, bahkan SBY secara khusus menggarisbawahi pesan komunikasi Prabowo dan keluhan orang dekat Prabowo yang mendorong terus-menerus agar SBY turun mempromosikan Prabowo," katanya.


Selain itu, menurut Hendri, masukan dari Mega dan SBY tersebut dapat menjadi pemacu semangat perubahan pada Prabowo-Sandiaga Uno. Dengan begitu, ke depan, pasangan nomor urut 02 itu dapat bertarung dengan lebih apik di Pilpres 2019.

"Dari sisi waktu, masukan ini sangat memungkinkan kubu Prabowo Sandi melakukan manuver cantik untuk mengubah irama permainan menjadi lebih efektif dan lebih kuat lagi," ujar Hendri.

Hendri enggan menduga apa maksud di balik kritik yang dilontarkan SBY dan Mega. Namun, menurutnya, tampak kedua tokoh itu ingin pertarungan yang lebih seimbang antara Jokowi dan Prabowo.

"Apakah masukan Megawati dan SBY kepada Prabowo mengartikan bahwa jauh di dalam lubuk hati mereka berdua memang mendukung Prabowo di 2019? Itu hanya Megawati dan SBY yang paham, tapi yang tersirat Megawati dan SBY menginginkan pertarungan yang seimbang antara Jokowi dan Prabowo di 2019 nanti," katanya.


Sebelumnya, saat memberikan sambutan di sekolah partai untuk caleg PDIP, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menyampaikan dirinya belum pernah mendengar apa saja program rival petahana Joko Widodo-Ma'ruf Amin itu semasa kampanye.

"Saya bilang kenapa di pihak sana tidak juga mengatakan program saya adalah ini, saya belum pernah dengar lho, apa yang akan dilakukan, menjalankan program seperti apa saya ndak tahu," ujar Megawati di kantor DPP PDIP, Jl Pangeran Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis (15/11).

Senada dengan Mega, Ketum Partai Demokrat (SBY) juga menyinggung soal visi-misi Prabowo. SBY menuturkan saat ini rakyat ingin mendengar solusi, kebijakan, dan program dari capres yang diusung. Jika penjabaran visi-misi tak dijelaskan, rakyat dan pendukung capres itu akan kebingungan.

"Saat ini rakyat ingin dengar dari Capres apa solusi, kebijakan & program yang akan dijalankan untuk Indonesia 5 tahun ke depan. Kalau 'jabaran visi-misi' itu tak muncul, bukan hanya rakyat yang bingung, para pendukung pun juga demikian. Sebaiknya semua introspeksi *SBY*," kata SBY melalui akun Twitter-nya, seperti dilihat detikcom, Kamis (15/11) malam.


Saksikan juga video 'SBY Prediksi Partai Bisa Anjlok Tanpa Capres, PKS Tak Setuju':

[Gambas:Video 20detik]


(mae/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed