DetikNews
Kamis 15 November 2018, 18:03 WIB

Anang Sesalkan Cyberbully ke Film 'Hanum & Rangga'

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Anang Sesalkan Cyberbully ke Film Hanum & Rangga Foto: Anang Hermansyah (Gibran Maulana Ibrahim/detikcom)
Jakarta - Anggota Komisi X DPR Anang Hermansyah menyoroti cyberbully terhadap film 'Hanum & Rangga'. Musikus asal Jember tersebut menyesalkan fenomena penindasan dunia maya terhadap film karya Hanum Salsabiela Rais tersebut.

"Saya menyesalkan jika karya seni dijadikan objek politisasi apalagi mengarah pada cyberbully. Sudahi politisasi pada karya seni," kata Anang dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (15/11/2018).


Anang menyinggung tahun politik dalam fenomena intimidasi film 'Hanum & Rangga'. Kebetulan saja, kata Anang, film yang diangkat dari novel 'Faith & The City' itu tayang berdekatan dengan film 'A Man Called Ahok' yang mengisahkan tentang eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Jangan hanya karena perbedaan pilihan politik, lalu karya seni seseorang dijadikan objek bully. Mohon hentikan praktik ini," harap Anang.


Suami penyanyi Ashanty itu menyebut, karya seni jauh dan harus dipisahkan dari aliran politik serta pilihan politik. Melalui seni, imbuh Anang, politik kebangsaan seharusnya dapat disalurkan hingga melampaui sekat-sekat perbedaan.

"Pesan Bung Karno cukup tegas dan jelas melalui trisaktinya yakni berkepribadian dalam kebudayaan. Kita juga memiliki UU No 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan," tandas Anang.


Tonton video: Hanum Rais Kecewa Atas Cyberbully ''Hanum & Rangga''
[Gambas:Video 20detik]


Hanum telah buka suara terkait cyberbully yang terjadi pada film 'Hanum & Rangga'. Dia juga meminta maaf kepada tim produksi atas terjadinya serangan di media sosial.

"Saya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra sangat menyayangkan terjadinya hujatan dan cyberbullying atas film kami hanya karena perbedaan pandangan politik," kata Hanum dalam video yang diunggah ke Instagram pribadinya.
(gbr/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed