118 Petugas Siaga di 227 Titik Rawan Tumpukan Sampah Saat Banjir

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Rabu, 14 Nov 2018 11:33 WIB
Ilustrasi sampah menumpuk di Pintu Air Manggarai. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI menyiagakan 118 petugas untuk menangani sampah akibat banjir. Petugas akan bersiaga di 227 lokasi selama 24 jam sehari.

"Untuk musim hujan, ada satgas banjir yang bersiaga 24 jam. Jumlah personel ada 118 satgas, ada 227 titik lokasi yang menjadi fokus pemantauan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Isnawa Adji melalui pesan singkat, Rabu (14/11/2018).


Isnawa menuturkan ada beberapa zona yang paling rawan penumpukan sampah saat terjadi banjir. Titik-titik yang dipantau di antaranya Pintu Air Manggarai, Kanal Banjir Barat Petamburan, Kali Cagak Penjaringan, Cakung Drain, Pintu Air Tanjung Priok, Kali Sekretaris, Kanal Banjir Barat Seasons City, dan Kanal Banjir Timur Ciliwung.

"Setiap titik tersebut sudah ditempatkan satgas agar penanganan tidak hanya dilakukan di jam 07.30-16.00 WIB, tetapi penanganan 24 jam," sebut Isnawa.


Isnawa mengatakan pihaknya juga menyiapkan alat berat untuk mengangkut sampah. Dia menuturkan volume sampah setiap hari berkisar 7 ribu ton dan bertambah rata-rata 5 persen saat musim hujan.

"Kita siapkan alat berat ekskavator untuk penanganan tidak crowded dan akan ditambah satu alat berat lagi jika kondisi sedang crowded," jelasnya. (fdu/jbr)