DetikNews
Rabu 14 November 2018, 02:46 WIB

Golkar Dukung Jokowi Bangun Diplomasi Politik-Ekonomi di KTT ASEAN

Tsarina Maharani - detikNews
Golkar Dukung Jokowi Bangun Diplomasi Politik-Ekonomi di KTT ASEAN Presiden Jokowi/Foto: dok Biro Setpres
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri KTT ke-33 ASEAN di Singapura. Partai Golkar mendukung Jokowi membangun diplomasi dan politik untuk menciptakan stabilitas di kawasan Asia Tenggara.

"Golkar mengapresiasi diplomasi Indonesia di bawah pemerintahan Jokowi untuk mewujudkan ASEAN yang tangguh dan inovatif," kata Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulis, Rabu (14/11/2018).


Airlangga yakin Indonesia mampu memimpin terwujudnya sistem ekonomi yang stabil, damai, dan sejahtera di kawasan ASEAN. Menurut dia, ekosistem ekonomi yang damai, stabil, dan sejahtera perlu dibina di kawasan Asia Tenggara, khususnya di tengah ketidakpastian ekonomi global.

"Golkar melihat pemerintahan Jokowi telah membawa Indonesia mengambil banyak langkah ke depan dan membuat kemajuan signifikan untuk keamanan pangan di kawasan ASEAN," ujar Menteri Perindustrian itu.


Selain itu, menurut Airlangga, Indonesia berperan penting dalam menjaga perdamaian, menjaga hubungan, dan perbaikan sosial di ASEAN. Ia menilai saat ini tak ada konflik antarnegara di ASEAN. Namun Airlangga mengakui masih ada konflik internal seperti konflik Rohingya.

Golkar Dukung Jokowi Bangun Diplomasi Politik-Ekonomi di KTT ASEANAirlangga Hartarto/Foto: Lamhot Aritonang
"Untuk itu berdialog harus menjadi budaya antar negara-negara anggota ASEAN dan dengan negara-negara mitra ASEAN untuk mewujudkan ASEAN yang tangguh dan inovatif," tegas Airlangga.

KTT ke-33 ASEAN digelar di Suntec Convention Centre, Singapura. Selain Jokowi, para kepala negara/kepala pemerintahan ASEAN juga hadir dalam pertemuan tersebut.


Saksikan juga video 'Ketika Presiden Jokowi Hadiri KTT ke-32 ASEAN':

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed