DetikNews
Senin 12 November 2018, 18:31 WIB

Cegah Hoax Laporan Banjir, Anies Bentuk 1.400 Relawan

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Cegah Hoax Laporan Banjir, Anies Bentuk 1.400 Relawan Anies Baswedan (Muhammad Fida Ul Haq/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Anies Baswedan membentuk 1.400 relawan yang sudah terverifikasi untuk membantu Pemprov DKI terkait laporan adanya banjir. Relawan akan mempermudah petugas dalam menindaklanjuti laporan yang muncul.

"Selama ini kami menerima laporan banjir itu harus diverifikasi dulu, kami tidak tahu validitas laporannya. Karena itu, kami merekrut 1.400 orang yang terverifikasi di seluruh wilayah Jakarta," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (12/11/2018).


Anies menuturkan selama ini banyak keluhan dari petugasnya terkait verifikasi informasi banjir. Karena harus melakukan verifikasi ulang, proses penanganan banjir sering terhambat.

"Ini keluhan yang disampaikan oleh teman-teman di Jakarta Smart City. Terima laporannya banyak tetapi kredibilitasnya harus diuji dulu," ucap Anies.


Anies mengatakan para relawan itu terdiri dari ketua RT, ketua RW, Lembaga Musyawarah Kelurahan, dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat. Para relawan disaring oleh Biro Tata Pemerintahan DKI Jakarta.

"Mereka adalah warga tetapi ada yang ketua RT, ketua RW, LMK, kemudian ada dari FKDM. Jadi mereka adalah pegiat-pegiat masyarakat yang kemudian dijaring lewat Biro Tapem untuk mereka menjadi pemberi kabar yang kredibel," ujar Anies.


Simak Juga 'Antisipasi Banjir, Anies Fokus Naturalisasi Sungai':

[Gambas:Video 20detik]


Cegah Hoax Laporan Banjir, Anies Bentuk 1.400 Relawan

(fdu/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed