DetikNews
Sabtu 10 November 2018, 17:19 WIB

Bareskrim Buru Akun Fadli Zon Palsu yang Ganggu Soliditas Polri

Jabbar Ramdhani - detikNews
Bareskrim Buru Akun Fadli Zon Palsu yang Ganggu Soliditas Polri Kabareskrim Komjen Arief Sulistyanto (Ristu Hanafi/detikcom)
Jakarta - Kabareskrim Komjen Arief Sulistyanto memerintahkan Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri mengusut pembuat akun palsu Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Arief memberikan perintah langsung karena hoax yang disebarkan oleh akun palsu tersebut bisa merusak soliditas Polri.

"Beredar tweet palsu mencatut akun Pak Fadli Zon. Saya sudah perintahkan Tim Siber untuk investigasi, karena ini hoax dan merugikan para pihak serta mengganggu soliditas Polri," kata Arief kepada detikcom, Sabtu (10/11/2018).
Soal hoax yang dapat mengganggu soliditas Polri itu adalah cuitan 'apabila Prabowo menang, maka dia akan menunjuk Arief Sulistyanto sebagai Kapolri'.
Tangkapan layar akun palsu Fadli Zon. Polisi tengah menyelidiki pemilik akun tersebutTangkapan layar akun palsu Fadli Zon. Polisi tengah menyelidiki pemilik akun tersebut (Foto: Dok. Istimewa)
Akun palsu yang dimaksud Arief ialah akun @fadlizon_. Akun tersebut berbeda dengan akun resmi yang dimiliki Wakil Ketua Umum Gerindra itu.
Sebab akun palsu tersebut memiliki tanda underscore (_) di bagian belakang. Selain itu, akun tersebut tak memiliki centang biru yang jadi penanda akun terverifikasi.

Saat detikcom mencoba mengakses, akun tersebut sudah tak ditemukan lagi.

Arief mengatakan pemalsuan akun ini pernah terjadi sebelumnya. Salah satunya mengenai kabar bohong soal kasus aktivis HAM, Munir.

"Ini seperti kejadian sebelumnya yang nyebar hoax tentang kasus Munir," ucap dia.
(jbr/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed