DetikNews
Jumat 09 November 2018, 21:26 WIB

Diminta Anies, TransJ Segera Buat Pemberhentian Bus Tiap 500 Meter

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Diminta Anies, TransJ Segera Buat Pemberhentian Bus Tiap 500 Meter Bus TransJakarta (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Anies Baswedan ingin halte ada di setiap 500 meter agar warga mudah mengakses transportasi umum. PT TransJakarta (TransJ) akan membangun pemberhentian bus sementara dibanding halte dengan pertimbangan biaya.

"(Halte) ini butuh investasi. Investasi juga bukan hal yang mudah karena di dalamnya ada pembebasan lahan, kemudian ada rekayasa lalu lintas dan sebagainya. Tentunya, kalau melihat dua kondisi ini, akan sangat lebih mudah untuk membenahi dulu yang non-BRT (bus rapid transit)," kata Direktur Operasional PT TransJakarta Daud Joseph di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (9/11/2018).


Joseph beralasan anggaran untuk membangun halte sangatlah besar. Dia lebih memilih pemberhentian bus sederhana berupa tiang, yang hanya berbiaya Rp 600 ribu.

"Seperti kita ketahui TransJakarta kan tahun ini tidak mendapatkan PMD (penyertaan modal daerah). Jadi langkah pertama kita akan mulai dulu dari yang non-BRT dan beberapa halte BRT yang prioritas," jelas Joseph.


Sebelumnya, Anies menyebut berkembangnya perumahan di Jakarta tidak sebanding dengan perkembangan rute transportasi umum. Akibatnya, masih banyak warga yang kesulitan mengakses transportasi umum.

"Tapi, begitu diukur (dengan jarak) 500 meter ke halte, jangkauan kita turun sekitar 30 persen. Jadi baru 30 persen warga yang terlayani angkutan," kata Anies di Hotel Redtop, Jalan Pecenongan, Jakarta Pusat, Jumat (9/11).
(fdu/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +