DetikNews
Jumat 09 November 2018, 14:58 WIB

Tjahjo Soal Wagub DKI Masih Lowong: Partai Pengusungnya Saja Belum Satu

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Tjahjo Soal Wagub DKI Masih Lowong: Partai Pengusungnya Saja Belum Satu Mendagri Tjahjo Kumolo/Foto: Andhika Prasetya/detikcom
Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo angkat bicara soal kosongnya jabatan wakil gubernur DKI Jakarta sepeninggal Sandiaga Uno. Tjahjo menyoroti partai pengusung yakni Gerindra dan PKS yang belum satu suara.

"Saya gak bisa maksa, saya hanya mengingatkan kepada DPRD, kepada pak gubernur, segera diproses, tapi kan tergantung partai pengusung. Partai pengusungnya aja belum satu," kata Tjahjo di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (9/11/2018).

PKS dan Gerindra, yang merupakan pendukung pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Pilgub 2017 lalu, tengah berunding panjang. Setelah sempat alot, kedua partai menyepakati untuk membentuk badan yang bertugas untuk melakukan uji kelaikan kandidat wagub DKI.

Kembali ke Tjahjo, politikus PDIP itu mengatakan tak ada batasan waktu untuk mengisi jabatan kosong tersebut. Dia mencontohkan kondisi serupa yang terjadi di Sulawesi Tengah.

"Ya gimana nggak ada aturan yang detail, (misalnya) harus seminggu diisi. Kalau nggak ada kompromi, coba cek wakil gubernur Sulteng. Itu sudah 2 tahun kosong karena partai-partainya tidak sepakat menentukan wakil," ujarnya.



Dia tak bisa menganggap kondisi itu sebagai masalah atau bukan. Menurutnya hal itu tergantung gubernur yang sedang menjabat.

"Bisa masalah bisa enggak, tapi kan paketnya adalah kepala daerah dan wakil kepala daerah. Apakah dengan 1 orang menggangu atau enggak, yang merasakan gubernurnya. Problemnya kan di partai pengusung ini," pungkasnya.


Simak Juga 'Alasan Sandi Mundur dari Wagub DKI dan Pilih Cawapres':

[Gambas:Video 20detik]



(abw/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed