DetikNews
Jumat 09 November 2018, 12:10 WIB

Tekad KNKT Cari CVR Lion Air PK-LQP Sampai Ketemu

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Tekad KNKT Cari CVR Lion Air PK-LQP Sampai Ketemu Ilustrasi pencarian (Foto: Pradita Utama/detikcom)
FOKUS BERITA: Lion Air Jatuh
Jakarta - Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan pihaknya akan terus mencari cockpit voice recorder (CVR) Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Karawang hingga dapat. Sebab CVR sebagai bagian black box sangat penting dalam analisis penyebab kecelakaan yang terjadi.

"Kita mau nyari sampe ketemu," kata Soerjono di Terminal JICT 2, Tanjung Priok, Jumat (9/11/2018).

"Kalau kita berusaha semaksimal mungkin menemukan black box itu karena CVR ini sangat critical di dalam kecelakaan Lion JT 610 ini. Karena kalau hanya cuma black box FDR (flight data recorder) saja yang kita temukan itu tidak lengkap," imbuhnya.


Dia mengatakan dengan mendapatkan CVR maka akan diketahui isi pembicaraan antara pilot dan kopilot. Dari situ bisa didalami soal faktor kesalahan manusia (human error) yang jadi penyebab kecelakaan ini.

Soerjono mengatakan pihaknya siap saja berusaha mencari 1-2 bulan untuk mencari CVR dengan disesuaikan pada dana yang tersedia untuk melakukan operasi pencarian. Dia mengatakan saat ini personel di lapangan sudah mendapatkan tambahan dua alat pencarian yang paling canggih saat ini.


"Kemarin-kemarin sudah ada empat (alat) namanya ping locator, finder. Tadi pagi kita sudah memberangkatkan ada dua alat, boleh dikatakan tercanggih saat ini yang tersedia di dunia. Tadi udah dibawa ke sana pagi tadi ke sana jam 08.00 WIB bersama operatornya," ucap dia.

Diharapkan dengan alat baru yang lebih sensitif ini CVR dapat ditemukan. Pasalnya pada hari pencarian ketiga yang lalu, petugas sempat menangkap sinyal CVR. Namun sinyal tersebut hilang dan belum diketahui penyebabnya.


Jumat (9/11) hari ini merupakan hari ke-12 pencarian korban dan pesawat. Ada sebanyak 231 personel yang dikerahkan. Pesawat Lion Air nomor penerbangan JT 610 itu jatuh dengan 189 orang di dalamnya. Saat ini sudah 71 korban diidentifikasi.


Saksikan juga video 'KNKT akan Cari CVR Lion Air Sampai Ketemu!':

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/imk)
FOKUS BERITA: Lion Air Jatuh
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +