DetikNews
Jumat 09 November 2018, 11:19 WIB

13 Kabupaten/Kota di Sumbar Kena Banjir, Kerugian Capai Rp 122 M

Jeka Kampai - detikNews
13 Kabupaten/Kota di Sumbar Kena Banjir, Kerugian Capai Rp 122 M Foto: Antara Foto/Iggoy el Fitra
FOKUS BERITA: Banjir & Longsor 2018
Padang - Kerugian akibat musibah banjir dan tanah longsor di Sumatera Barat diperkirakan mencapai Rp 122 miliar. Total ada 13 kabupaten/kota yang kena banjir.

"Itu masih hitungan sementara, karena sampai saat ini banjir masih terjadi di beberapa daerah," kata Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Provinsi Sumatera Barat, Rumainur, kepada detikcom, Jumat (9/11/2018).

Menurut Rumainur, banjir dan longsor terus terjadi sejak pertengahan Oktober lalu. Tercatat, ada 13 dari 19 kabupaten/kota di Sumbar yang dilanda musibah.

Ke-13 daerah terdampak itu adalah Kabupaten Padang Pariaman, Pasaman Barat, Agam, Pasaman, Tanah Datar, 50 Kota, Sijunjung, Kepulauan Mentawai, Kota Solok, Sawahlunto, Padang, Solok dan Kota Pariaman.

"Sebagian daerah sudah dalam tahap recovery. Sudah tidak ada banjir lagi. Namun ada sebagian daerah lainnya seperti Pasaman Barat, Pasaman dan 50 Kota yang masih kebanjiran. Begitu juga dengan Kabupaten Agam dan Sijunjung yang dilanda tanah longsor," jelas Rumainur.

Secara keseluruhan, musibah yang berlangsung sejak pertengahan Oktober itu telah menyebabkan 15 orang meninggal dunia, sementara satu lainnya masih dalam pencarian. Ke-15 korban itu masing-masing 6 orang di Tanah Datar, 4 di Pariaman, 2 di Pasaman Barat, 2 di Kota Padang dan 1 lainnya di Kabupaten Sijunjung. Sedangkan satu korban yang masih dicari berada di Kabupaten Pasaman.

Selain korban tewas, musibah itu juga menyebabkan belasan orang terluka.

BPBD meminta warga meningkatkan kewaspadaan, karena cuaca ekstrim yang diperkirakan berlangsung hingga akhir tahun.


Simak Juga 'Detik-detik Jembatan Ambruk Disapu Banjir di Padang':

[Gambas:Video 20detik]



(asp/asp)
FOKUS BERITA: Banjir & Longsor 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed