Telan Dana Rp 4,5 Triliun, Stadion BMW Dibangun Tahun Depan

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Kamis, 08 Nov 2018 17:20 WIB
Direktur Utama Jakpro Dwi Wahyu Daryoto (Fida/detikcom)
Jakarta - Pembangunan Stadion BMW ditargetkan mulai 2019. PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku kontraktor merencanakan pembangunan stadion menelan dana Rp 4,5 triliun.

"Awalnya Rp 1,5 triliun (di 2019). (Total) Rp 4,5 triliun," kata Direktur Utama Jakpro Dwi Wahyu Daryoto di gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (8/11/2018).



Dwi mengatakan Jakpro telah siap segera melakukan pembangunan. Namun pembangunan tersebut masih menunggu realisasi anggaran penyertaan modal daerah (PMD) yang sedang diajukan ke DPRD DKI untuk APBD 2019.

"Tergantung duitnya siap atau tidak," ucap Dwi.

Dwi berharap anggaran yang diajukan dapat segera disetujui. Dia mengatakan, jika PMD tidak segera turun, pembangunan stadion tersebut terancam tertunda.

"(Pembangunan) mundur lagi, iya, nanti Jakmania (suporter Persija) marah lagi. Kan Jakmania termasuk rakyat, saya mohon wakil rakyat untuk mendukung," sebut Dwi.



Dwi mengatakan stadion tersebut nantinya akan mempunyai kapasitas yang sama dengan Stadion Utama Gelora Bung Karno. Desain stadion tak hanya akan digunakan untuk sepakbola, tapi juga untuk arena pertunjukan.

"Sekaligus semuanya untuk ekshibisi-ekshibisi itu, pertunjukan musik dan lain-lain," ucap Dwi.

Stadion BMW merupakan janji kampanye yang pernah disampaikan oleh Gubernur DKI Anies Baswedan. Pembangunan stadion tersebut direncanakan selesai pada 2021. (fdu/rvk)