DetikNews
Selasa 06 November 2018, 18:05 WIB

Beredar @Tcarnavian Balas Fadli Zon, Polri: Kapolri Tak Punya Medsos

Audrey Santoso - detikNews
Beredar @Tcarnavian Balas Fadli Zon, Polri: Kapolri Tak Punya Medsos Gedung Mabes Polri. (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Beredar gambar tangkapan layar cuitan Wakil Ketua DPR Fadli Zon di-retweet oleh akun yang menggunakan foto Kapolri Jenderal Tito Karnavian, @Tcarnavian. Polri menegaskan Kapolri tidak punya akun media sosial (medsos).

"Pertama, yang perlu diketahui, Pak Kapolri tidak memiliki akun di media sosial. Jika ada yang mengatasnamakan Kapolri, dipastikan akun itu palsu," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo melalui pesan singkat, Selasa (6/11/2018).


Dalam tangkapan layar yang beredar, akun @fadlizon mencuitkan sebuah puisi berjudul 'Ketika Bendera Kau Bakar'. Cuitan itu dibalas akun @Tcarnavian dengan menuliskan 'Jangan memancing di air keruh. Jangan robek persatuan yang sudah terjalin ratusan tahun'.

Berikut ini potongan puisi 'Ketika Bendera Kau Bakar':

Ketika bendera kau bakar
Api perlawanan makin berkobar
Satu bendera kau bakar
Sejuta bendera berkibar!

Dedi mengimbau masyarakat cermat menyikapi hal tersebut. Sebab, setelah dicek, akun @Tcarnavian memang memasang wajah Tito sebagai gambar profilnya. Namun dalam biodatanya, tertulis akun itu dioperasikan seseorang yang mengaku sebagai penggemar Tito.

"Kami berharap masyarakat atau netizen cermat ketika melihat ada akun media sosial yang memasang foto Kapolri di akun media sosialnya. Karena kami temukan ada akun Twitter menggunakan wajah Kapolri, pada keterangan profil dijelaskan itu hanya akun fanbase," jelas Dedi.

"Jadi orang yang mengagumi Kapolri. Apa yang dicuitkan dalam akun tersebut adalah apa yang dipikirkan pemilik akun tersebut, bukan Kapolri," sambung Dedi.


Dedi juga meminta penggemar Tito tidak memasang foto Tito dalam akun fanbase karena rawan diinterpretasikan negatif.

"Tolong untuk fans Kapolri jangan pajang fotonya beliau karena persepsi publik yang pertama dilihat fotonya dulu, baru isi akun media sosialnya. Nanti rawan diinterpretasikan oleh publik," ucap Dedi.

detikcom mengecek halaman akun Twitter @Tcarnavian itu. Pada bagian biodata profil, tertulis 'Akun tidak resmi Tito Carnavian Fans Club'.


Saksikan juga video 'Fadli Zon soal 'Tampang Boyolali': Itu Gaya Retorik Prabowo':

[Gambas:Video 20detik]


(aud/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed