DetikNews
Minggu 04 November 2018, 18:47 WIB

KNKT Komitmen Cepat Investigasi Lion Air PK-LQP, Dunia Menunggu

Matius Alfons - detikNews
KNKT Komitmen Cepat Investigasi Lion Air PK-LQP, Dunia Menunggu Jumpa pers KNKT. Foto: Matius Alfons/detikcom
FOKUS BERITA: Lion Air Jatuh
Jakarta - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah mendownload data Flight Data Recorder (FDR) Lion Air PK-LQP. KNKT berkomitmen bekerja cepat menyelesaikan analisis terhadap kecelakaan tersebut.

"Besok pagi mulai analisis, tentu tidak akan selesai 1-2 hari apabila parameternya begitu banyak, apabila ada keanehan dan kerusakan, maka kita harus lihat lagi data perbaikan, kita sudah ada data awal apa yang terjadi, tapi analisis masih akan panjang," kata Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo kepada wartawan di kantornya, Jl Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu ((4/11/2018).


Undang-Undang memberi waktu penyelesaian investigasi dalam 12 bulan. Meski demikian, KNKT menyadari hasil penyelidikannya ditunggu dunia, karena menyangkut pesawat terbaru yang laris manis di pasaran.

"UU mengatakan bahwa kita harus selesaikan dalam 12 bukan. Kita tahu seluruh dunia melihat kecelakaan ini, terutama catatan penerbangan sipil dunia sangat baik, pada 2017 tidak ada yang meninggal di seluruh dunia, jadi penerbangan semakin aman dan kejadian ini mencengangkan karena menelan korban begitu banyak," ujar Nurcahyo.

"Harapan kita menyelesaikan segera karena dunia menunggu, karena pencegahan ini untuk seluruh dunia," imbuhnya.
(tor/bpn)
FOKUS BERITA: Lion Air Jatuh
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed