Tim Penyelam Polri Temukan Buku Yasin hingga Seatbelt Lion Air

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 02 Nov 2018 17:02 WIB
Proses evakuasi hasil pencarian (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Tim penyelam Polri menemukan sejumlah barang yang diduga badan pesawat Lion Air PK-LQP. Selain itu, penyelam menemukan buku Yasin di lokasi pencarian.

"Kegiatan pencarian, baik melalui sweeping permukaan maupun penyelaman, khusus hari ini tim penyelam dan tim yang melakukan sweeping di permukaan menemukan barang-barang yang diduga badan dari pesawat JT 610, antara lain ada jok atau seat, tempat duduk, kemudian ada seatbelt, dari yang mungkin terempas," kata Kapolda Jabar Irjen Agung Budi di atas KP Parikesit, Jumat (2/11/2018).


Agung mengatakan barang-barang yang ditemukan itu akan dibawa ke Posko Pelabuhan Tanjung Priok. Koordinasi dengan Basarnas pun terus dilakukan.

"Teman-teman, barang ini kita akan serahkan kepada Basarnas, untuk dikumpulkan menjadi satu di posko Tanjung Priok. Kemudian hari ini juga telah dilakukan penyelaman. Ada 18 penyelam, yang bergantian, dan terus melaporkan kepada Basarnas apabila ada temuan-temuan baik itu barang-barang yang diduga adalah bagian daripada Lion Air itu," ujarnya.


Menurut Agung, ada 18 penyelam dari Polri yang diturunkan dalam proses pencarian hari ini. Penyelaman akan dihentikan sementara pada pukul 17.00 WIB.

"Kemudian untuk penyelam ada batasan waktunya sampai 17.00 WIB. Tetapi yang di permukaan itu 24 jam, kita bantu sepenuhnya. Teman-teman Basarnas, semampu kita, dengan peralatan yang ada. Kita kurang-lebih ada 18 kapal berbagai tipe," tuturnya.

Simak Juga 'Bagaimana Cara Tim DVI Mengidentifikasi Korban Lion Air?':

[Gambas:Video 20detik]

(knv/rna)