DetikNews
Jumat 02 November 2018, 15:04 WIB

Keluarga Harap Syam'un Lolos Nominasi Gelar Pahlawan 2018

M Iqbal - detikNews
Keluarga Harap Syamun Lolos Nominasi Gelar Pahlawan 2018 Ilustrasi (dok.detikcom)
Serang - Ketua umum Pengurus Besar Al Khairiyah, Ali Mujahidin mendapat kabar dari Gubernur Banten Wahidin Halim bahwa Brigjen KH Syam'un masuk dalam nominasi pahlawan nasional.

"Kemarim Pak Gubernur menelepon saya dan menyampaikan bahwa informasinya Ki Syam'un itu masuk ke dalam nominasi pahlawan nasional. Namun demikian ini kan belum diputuskan oleh pemerintah oleh karena itu kita akan mencoba silaturahmi ke pemerintah," kata Mumu sapaan akrabnya kepada wartawan di Yayasan Al Khairiyah Citangkil, Kota Cilegon, Jumat (2/11/2018).

Mumu mengatakan, pemerintah provinsi Banten memang sudah bekerja keras mengajukan Ki Syam'un sebagai pahlawan nasional sejak dua tahun lalu. Tahun ini, nama Brigjen KH Syam'un masuk dalam nominasi pahlawan nasional.

"Saya tahu bahwa Pak Gubenur sudah menyampaikan ini sejak dua tahun lalu dan tidak pernah lelah untuk mengupayakan ini," ujarnya.

Pihak Kementerian Sosial beberapa bulan belakangan sudah mendatangi Yayasan Al Khairiyah untuk mengumpulkan data-data mengenai sosok Brigjen KH Syam'un. Pihak Al Khairiyah berharap pemerintah bisa menetapkan Ki Syam'un sebagai pahlawan nasional dengan latar belakang perjuangannya dalam memeperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Berharapnya begitu, supaya Banten punya ikon pahlawan nasional. Yang jelas sebetulnya banyak orang tahu bahwa Ki Syam'un itu pelopor pejuang 45. Salah satunya adalah ada salah satu muridnya diutus menjadi panitia kemerdekaan Indonesia yaitu Abdullah Fatah Hasan," ucapnya.

Untuk diketahui, Brigjen KH Syam'un merupakan pendiri Yayasan Al Khairiyah, di Kota Cilegon, sosok Ki Syam'un terkenal dengan keikutsertaannya dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Catatan sejarah itu diketahui secara umum di kalangan masyarakat Cilegon. Setiap peringatan hari jadi Al Khairiyah, sosok Ki Syam'un selalu diperkenalkan kepada para santri dan mahasiswa.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed