detikNews
Senin 29 Oktober 2018, 14:06 WIB

Minimarket di Depok Menutup Produk Penjualan Rokok dengan Tirai

Matius Alfons - detikNews
Minimarket di Depok Menutup Produk Penjualan Rokok dengan Tirai Foto: Alfons/detikcom
Depok - Sebagian besar minimarket di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat, menutupi produk rokok yang dijual dengan tirai. Peraturan menutup produk rokok ini dikeluarkan oleh Pemkot Depok.

Berdasarkan pantauan detikcom, Senin (29/10/2019), minimarket di Jalan Margonda Raya menutup rak-rak rokok dengan tirai biru atau kertas karton putih.

Pada bagian tirai diberi tulisan 'Di sini tersedia rokok khusus umur 18+'. Produk-produk rokok tidak terlihat dan menyulitkan konsumen yang hendak membeli rokok. Perintah menutup produk rokok oleh Pemerintah Kota Depok ini sudah ada sejak 1 bulan yang lalu.

"Iya, ini ditutup tirai karena peraturan Pemerintah Depok. Sekitar sebulan lalu ada kebijakan dan edaran ini. Iya, wajib dipasang ini semua," kata Indira kepada detikcom di Indomaret Jalan Margonda Raya, Pondok Cina, Beji, Depok, Senin (29/10/2018).

Indira mengatakan kebijakan ini baru diterapkan di Depok dan akan ada sanksi jika tidak diikuti. "Saya sudah 2 tahun kerja, baru kali ini ada penutupan ini. Kalau nggak dipasangi tirai, akan ada sanksinya," ujar Indira.

Minimarket yang melanggar aturan terancam dikenai sanksi.Minimarket yang melanggar aturan terancam dikenai sanksi. (Alfons/detikcom)

Hal senada disampaikan Rini, karyawan Indomaret. Menurut dia, kebijakan ini sudah ada dari sebulan lalu dan cara ini efektif mengelabui anak anak. "Pengurangan kali ya. Kalau anak kecil mau beli, ditutupin gitu kan jadi nggak beli karena dipikirnya nggak ada," jelas Rini.

Hal serupa terjadi di Alfamart. Haris, karyawan Alfamart, mengatakan ini program pemerintah dan cukup efektif.

"Ini mulainya sudah dari awal Oktober sudah ditutup. Kalau edarannya pemkot sudah dari akhir September," kata Haris.

"Buat anak-anak kecil sih efektif, karena mau beli jadi mikir-mikir lagi, dan biasanya kasirnya nanyain dulu untuk siapa," sambungnya.
(aan/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed