DetikNews
Kamis 25 Oktober 2018, 18:10 WIB

Jokowi Serahkan 5.083 Sertifikat Tanah di Kaltim

Andhika Prasetia - detikNews
Jokowi Serahkan 5.083 Sertifikat Tanah di Kaltim Presiden Jokowi/Foto: Rengga Sancaya
Samarinda - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan sertifikat tanah untuk warga Kalimantan Timur. Ada 5.083 sertifikat yang diserahkan.

"Sudah disampaikan oleh Pak Menteri BPN bahwa hari ini diserahkan di sini 5.083 sertifikat dan keseluruhan pada hari ini diserahkan 26 ribu sertifikat. Saya ingin yang sudah pegang sertifikat diangkat tinggi-tinggi," ujar Jokowi di lapangan Samarinda Convention Hall, Kalimantan Timur, Kamis (25/10/2018).

Dengan adanya sertifikat, Jokowi berharap tidak ada lagi terjadinya sengketa lahan. Jokowi menargetkan 7 juta sertifikat tanah diterima masyarakat se-indonesia tahun ini.




Jokowi meminta pada masyarakat penerima untuk menjaga baik-baik sertifikat. Ia juga tidak mempermasalahkan jika sertifikat dijadikan agunan, asalkan si pemilik dapat menghitung kembali untung ruginya.

"Mau disekolahkan nggak apa-apa. Untuk agunan ke bank enggak apa-apa. Dipakai untuk agunan, atau jaminan tolong dihitung, tolong dikalkulasi. Bisa mencicil apa ndak. Kalau tidak jangan pinjam. Saya titip ini," sebutnya.

Dalam penyerahan sertifikat, Jokowi didampingi Mensesneg Pratikno, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Kaltim Isran Noor. Seusai pembagian, Jokowi dan rombongan bertolak ke Jakarta.



Saksikan juga video 'Jokowi yang Tak Kenal Lelah Bagikan Sertifikat untuk Rakyat':

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed