DetikNews
Rabu 24 Oktober 2018, 10:39 WIB

Kata KPK soal Laporan Dugaan Skandal Impor Pangan dari Rizal Ramli

Haris Fadhil - detikNews
Kata KPK soal Laporan Dugaan Skandal Impor Pangan dari Rizal Ramli Rizal Ramli (Foto: Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - KPK masih menelaah laporan dugaan skandal impor pangan dari mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli. KPK belum bisa bicara detail soal laporan itu.

"Kalau pengaduan pasti akan ditelaah dulu oleh tim Dumas (Pengaduan Masyarakat)," kata Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK Yuyuk Andriati kepada detikcom, Rabu (24/10/2018).

Yuyuk mengatakan laporan itu akan ditelaah kelengkapannya. KPK juga bakal melihat apakah laporan itu merupakan kewenangan KPK atau bukan.

"Selain kelengkapan dokumen pengaduan juga apakah ini menjadi kewenangan KPK atau bukan," ujarnya.




Rizal Ramli mendatangi KPK pada Selasa (23/10) kemarin untuk melaporkan dugaan korupsi impor pangan. Setidaknya, ada 8 dugaan skandal impor pangan yang dilaporkannya.

"Kami laporkan adanya dugaan tindak pidana korupsi dalam impor pangan," ucap Rizal di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

Namun Rizal tidak menyebut jelas siapa atau lembaga apa yang dilaporkannya ke KPK. Dia mengklaim telah menyertakan bukti-bukti dalam laporannya dan meminta KPK menindaklanjutinya.

Rizal kemudian menyertakan keterangan dalam lembaran rilis yang dibagikan. Dalam lembaran rilis itu terdapat 8 dugaan tindak pidana yang disebut Rizal berdasar pada salah satu audit BPK terkait perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan tata niaga impor tahun 2015 hingga semester I 2017 di kementerian tertentu.


Simak Juga 'Rizal Ramli Sebut Biaya Meeting IMF-WB di Bali Kemahalan!':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed