DetikNews
Minggu 21 Oktober 2018, 17:23 WIB

Jokowi: Saat Partai Lain Masih Anak-anak, Golkar Sudah Sangat Dewasa

Ray Jordan - detikNews
Jokowi: Saat Partai Lain Masih Anak-anak, Golkar Sudah Sangat Dewasa Foto: Presiden Joko Widodo (dok. Biro Setpres).
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Golkar merupakan partai yang sudah dewasa. Sementara, partai lain masih banyak yang 'anak-anak'.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri Peringatan HUT ke-54 Partai Golkar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (21/10/2018). Dalam pidatonya, Jokowi mengatakan Golkar merupakan partai yang sudah sangat dewasa.

"Pada saat partai lain masih berulang tahun yang ke-4, yang ke-8, yang ke-6, Partai Golkar sudah ulang tahun yang ke-54. Artinya apa? Di saat yang lain masih anak-anak, masih remaja, Golkar sudah sangat-sangat dewasa. Sekali lagi, sudah sangat-sangat dewasa," kata Jokowi.


Dengan perjalanan yang panjang itu, kata Jokowi, Partai Golkar sudah melahirkan banyak tokoh-tokoh politik yang mumpuni. Bahkan ada yang pernah menjadi puncak pimpinan di negeri ini.

"Golkar sudah melahirkan banyak tokoh, dan banyak tokoh yang mumpuni. Ada yang pernah jadi presiden, ada yang pernah jadi wakil presiden, yang duduk di kabinet banyak sekali, yang sukses di bisnis lebih banyak sekali. Dan yang jelas sangat berpengalaman dalam berpolitik," jelas Jokowi.


Dia pun mengibaratkan perjalanan politik Partai Golkar ibarat jenjang perkuliahan ilmu politik. Dia menyebut, Golkar sudah banyak melahirkan tokoh politik berpredikat 'suma-cumlaude'.

"Coba lihat di DPR, DPRD, sudah melampaui perjalanan politik yang panjang dan terjal. 54 Tahun jalan politik yang panjang. Ibarat kuliah jurusan politik, semua tokoh Golkar bukan hanya lulus cumlaude, tapi semuanya lulus suma-cumlaude. Tidak percaya? Tanya ke DPR dan DPRD," katanya.
(jor/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed