DetikNews
Sabtu 20 Oktober 2018, 16:51 WIB

Golkar Gelar Rakornis Bappilu Bahas Strategi Gaet Milenial

Eva Safitri - detikNews
Golkar Gelar Rakornis Bappilu Bahas Strategi Gaet Milenial Foto: Golkar menggelar rakornis bappilu. (Eva-detikcom)
Jakarta - Partai Golkar menggelar rapat koordinasi teknis badan pemenangan pemilu (Bappilu). Rapat dikhususkan membahas secara teknis terkait strategi kampanye.

Acara itu digelar di Hotel Grand Marcure, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Sabtu (20/18/2010). Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto meminta seluruh peserta memberi masukan terkait perkembangan politik di daerah masing-masing.

"Mulai hari ini, kita akan melaksanakan Rakornis Bappilu untuk membahas secara mendalam mengenai materi dan strategi kampanye. Saya minta kepada seluruh peserta untuk memberi masukan terkait perkembangan terkini dan memberikan data yang akurat terhadap peta politik yang dinamis," ujarnya.


Airlangga mengatakan partainya mengkaji metode baru dalam kampanye politik. Metode itu ialah micro-targeting untuk mengetahui secara lebih dalam keinginan masyarakat sampai tingkatan yang paling kecil.

"Bappilu merupakan organ partai yang dibentuk untuk mengendalikan pemenangan pemilu. Kita akan mendayagunakan struktur dan jaringan partai serta kekuatan para caleg untuk menguasai setiap dapil di semua tingkatan," ucapnya.

"Bahkan untuk memantapkan pergerakan di lapangan, Bappilu sedang mengkaji metode baru dalam kampanye politik, yaitu strategi micro-targeting dengan memanfaatkan big-data untuk memotret secara lebih detail orang perorang dan siapa saja tokoh yang berpengaruh serta apa saja harapan-harapan dan keinginan mereka," lanjutnya.


Airlangga juga meminta seluruh peserta agar terus mengoptimalkan peran media sosial. Hal itu guna menarik simpati generasi milenial yang disebutnya menjadi rebutan semua partai.

"Karenanya Partai Golkar akan mengoptimalkan branding dan digital campaign, yang insyaallah akan memukau anak-anak muda generasi milenial, yang sekarang menjadi rebutan semua peserta pemilu," tuturnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono dan sejumlah elite Partai Golkar seperti Menteri Sosial Agus Gumiwang, Sekjen Golkar Loedwijk F Paulus, dan Azis Syamsudin.

Targetkan 110 Kursi

Airlangga Hartanto meminta agar seluruh anggota badan pengendalian pemilu (Bappilu) mengencangkan strategi dari bulan Januari-Maret 2019. Di tahun 2018 ini disarankannya hanya untuk perkenalan caleg pendatang baru ke masyarakat.

"Kami mengingatkan dan menggarisbawahi bahwa kampanye ini adalah kampanye maraton. Jadi jangan kader kita sprint di depan, dan tahunnya pemilihan umum itu 2019. Jadi kita kencang di Januari hingga Maret 2019," ujar Airlangga.

"Di tahun 2018 itu perkenalan sekalian, karena walaupun di sini banyak incummbent yang dipimpin oleh komandan ketua fraksi yang sudah merawat 5 tahun tapi rawatan itu tidak pernah berhenti, artinya antara Incumbent dan Chalengger itu peluangnya sama luasnya," lanjutnya.

Partai Golkar menargetkan 110 kursi setara dengan 19% kursi DPR RI, dan saat ini jelas Airlangga Partai Golkar telah memiliki modal 91 kursi. Pihaknya akan melakukan pemetaan secara detail di setiap dapil untuk menutupi sisa kursi yang ditargetkan.

"Dua propinsi yang kita pernah kehilangan kursi pada Pemilu yang lalu, yaitu Kepulauan Riau dan Bengkulu, harus kita rebut kembali, sekurang-kurangnya untuk mendapat satu kursi," ucapnya.

"Kita juga harus mendapat satu kursi di daerah otonom baru, yaitu Kalimantan Utara. Selanjutnya kita akan memanfaatkan tambahan alokasi kursi di daerah-daerah tertentu seperti Riau, Lampung, Kalimantan Barat, NTB, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah dan Papua," imbuhnya.

Airlangga juga meminta agar daerah yang sudah menjadi basis Golkar dipertahankan. Selain itu, Airlangga berharap agar Partai Golkar menangdi wilayah yang dianggapnya menjadi barometer nasional.

"Jawa Barat selalu menjadi barometer nasional, siapa partai yang menguasai Jawa Barat, biasanya akan tampil sebagai pemenang. Dan Golkar akan berjuang untuk meraih posisi itu," katanya.


(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed