DetikNews
Jumat 19 Oktober 2018, 15:41 WIB

Bareskrim: Penyelundupan Sabu dari Malaysia Bukan Lagi Lewat Aceh

Rina Atriana - detikNews
Bareskrim: Penyelundupan Sabu dari Malaysia Bukan Lagi Lewat Aceh Gedung Bareskrim Mabes Polri (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Polisi mengungkap penyelundupan 40 kg sabu dari Malaysia awal Oktober lalu. Bareskrim Polri menyatakan mayoritas penyelundupan sabu dari Malaysia bukan melalui periaran Aceh lagi namun bergeser ke Dumai.

"Rute masuk penyelundupan narkoba jenis sabu dari Malaysia yang semula melalui perairan Aceh, sekarang bergeser ke Dumai/Bengkalis," kata Direktur Tindak Pidana Narkoba Brigjen Eko Daniyanto dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom dari Dittipid Narkoba Bareskrim Polri, Jumat (19/10/2018).


Sabu yang melalui Dumai atau Bengkalis itu untuk pasokan di wilayah Pekanbaru dan didistribusikan ke wilayah Sumatera dan Jawa.

"Sedangkan untuk wilayah Sumatera Utara melalui Tanjung Balai Asahan," tutur Eko.


Berdasarkan data penanganan tindak pidana narkoba selama minggu ke-3 Oktober, terlihat bahwa jumlah kasus meningkat dari minggu sebelumnya. Sebanyak 825 kasus di minggu kedua dan 869 kasus di minggu ketiga.

Sedangkan jumlah tersangka yang statusnya ditetapkan pada minggu ke-3 Oktober berjumlah lebih dari 1.000 orang di seluruh Indonesia. Rinciannya yakni bandar narkoba 37 tersangka, pengedar 567 tersangka, dan penyalahguna 540 tersangka.




Tonton juga 'Modus Penyelundupan Narkoba Internasional Semakin Up To Date':

[Gambas:Video 20detik]


(rna/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed