Lewat Dana Desa, Jokowi Dinilai Sukses Bangun Pedesaan

Robi Setiawan - detikNews
Rabu, 17 Okt 2018 21:18 WIB
Foto: Dok. Kemendes PDTT
Jakarta - Kelompok Barisan Relawan Penggerak Desa (Brigade 01) menyatakan dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf Amin karena dinilai berhasil membangun kawasan pinggiran.

Kelompok yang beranggotakan para penggerak desa ini menargetkan 7 juta untuk pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf. Brigade 01 juga secara resmi telah menyatakan dukungannya di Sekertariat Jalan Guntur no. 60 Jakarta.

"Kami menilai suara dari kalangan warga desa sangat strategis dan menentukan, sehingga kita akan bergerak untuk meyakinkan warga desa di seluruh pelosok negeri, agar memilih pasangan Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019," ujar Komando Nasional (Komnas) Brigade 01 Syaiful Huda dalam keterangan tertulis, Rabu (17/10/2018).

Syaiful menjelaskan berbagai jajak pendapat lembaga survei menunjukkan bahwa mayoritas pendukung Jokowi-Ma'ruf berasal dari kalangan menengah ke bawah. Menurutnya segmen ini mayoritas tinggal di kawasan perdesaan yang berasal dari kalangan petani, nelayan, pedagang, hingga buruh tani.

"Suara-suara dari mereka untuk Jokowi-Ma'ruf harus dijaga agar kemenangan pasangan ini menjadi kenyataan pada Pilpres 2019," katanya.

Lebih lanjut, Syaiful menuturkan komitmen Jokowi dalam membangun desa tak perlu diragukan karena dana desa dari APBN nilainya terus bertambah dari tahun ke tahun. Selain itu, berbagai program bantuan sosial juga terus diberikan sebagai jaminan atas kebutuhan dasar warga desa.

"Fakta-fakta komitmen dan keberhasilan Jokowi dalam membangun kawasan pinggiran, termasuk desa di dalamnya, harus sampai kepada para pemilih di seluruh desa se-Indonesia, sehingga mereka tidak ragu lagi memilih Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019," katanya.

Dalam upaya pemenangan Jokowi-Ma'ruf, Sayiful mengatakan Brigade 01 akan menggerakkan 9 sayap gerakan desa. 9 sayap gerakkan desa ini merupakan komunitas yang selama ini melakukan kerja pemberdayaan sesuai dengan masing-masing bidangnya.

Kesembilan sayap gerakan desa ini antara lain Gerakan Pemuda Desa (Garda Desa), Gabungan Petani Prukades (Gaprukades), Perempuan Penggerak Desa, Asosiasi Pengelola Bumdes (Apebdes), Asosiasi Pedagang Pasar Desa (Sodara), Sarekat Sodagar Desa (Sada Desa), Ikatan Bidan Desa (Kabisa), Lingkar Seni Budaya Desa (Lini Desa), dan Kantor Berita Desa.

"Sayap-sayap ini akan menjadi organ utama Brigade 01 untuk melakukan langkah-langkah pemenangan bagi pasangan Jokowi-KMA," ujarnya.

Huda mengatakan bahwa Deklarasi Brigade 01 tersebut juga sengaja menghadirkan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai pembina utama, sekaligus sebagai inspirator dari gerakan arus balik masyarakat pinggiran yang sudah digagas sejak masa perlawanan terhadap Orde Baru.

Deklarasi tersebut juga menurutnya akan ditindaklanjuti dengan berbagai langkah konsolidasi dan pembentukan Brigade 01 di seluruh Indonesia.

"Kami targetkan langkah konsolidasi akan selesai dalam satu bulan dan segera melakukan gerilya politik untuk memantapkan kemenangan pasangan Jokowi-Ma'ruf," pungkasnya. (idr/idr)