DetikNews
Selasa 16 Oktober 2018, 19:48 WIB

Anak-anak Teriak Ganti Presiden, Moeldoko: Ada yang Mengkondisikan

Andhika Prasetia - detikNews
Anak-anak Teriak Ganti Presiden, Moeldoko: Ada yang Mengkondisikan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Beredar video dan gambar anak kecil serta anak-anak sekolah yang ikut mengkampanyekan gerakan 2019 ganti presiden. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meyakini ada yang mengkondisikan anak-anak tersebut.

"Karena itu anak-anak, ya pasti ada yang mengkondisikan seperti itu," ujar Moeldoko di Istana Kepresidenan, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (16/10/2018).


Moeldoko menyayangkan peristiwa tersebut terjadi. Semestinya anak-anak tidak diperalat untuk kepentingan politik praktis.

"Jangan anak-anak kita diperalat. Ini untuk siapa pun, ya. Karena ini tidak bagus untuk anak-anak kita. Apalagi mereka itu Pramuka, di mana dia adalah generasi yang dipersiapkan ke depan. Jadi kita harus mengelola mereka dengan bijaksana dan jangan diarahkan demi kepentingan politik praktis," kata Wakil Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf ini.


Dalam sebuah posting-an di Instagram, tampak gambar dua anak kecil mengenakan baju 'tagar 2019 ganti presiden'. Gambar dilengkapi keterangan 'Tangkap!!! Gerakan Makar! Eksploitasi Anak-anak'.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso (Buwas) memastikan anak sekolah yang berteriak '2019 ganti presiden' dan videonya jadi viral bukanlah anggota Pramuka. Baju cokelat yang digunakan oleh anak-anak pun dikatakan hanya mirip seragam Gerakan Pramuka.


"Hasil pendalaman dari saya, tim Kwarnas dan kwarda, kita kesimpulan, ternyata mereka bukan Pramuka. Jangan sampai Pramuka diseret ke kepentingan bukan Pramuka. Saya tidak mau Pramuka dicederai oleh sekelompok orang yang seolah-olah itu Pramuka," ucap Buwas di kantor Kwarnas Pramuka, Jl Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat, hari ini.
(dkp/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed