DetikNews
Jumat 12 Oktober 2018, 23:12 WIB

Di Depan Prabowo, Din Syamsuddin Beberkan 7 Faktor Indonesia Maju

Tsarina Maharani - detikNews
Di Depan Prabowo, Din Syamsuddin Beberkan 7 Faktor Indonesia Maju Ketua Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju (PIM) Din Syamsuddin (Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Ketua Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju (PIM) Din Syamsuddin berbicara soal faktor-faktor strategis untuk mewujudkan Indonesia maju. Ada tujuh hal yang harus dilakukan pemerintah demi menuju cita-cita tersebut.

Salah satunya, Din berbicara soal good governance atau pemerintahan yang baik.

"Adanya pemerintahan yang baik adalah prasyarat bagi terwujudnya kemajuan bangsa. Prasyarat ini harus menjelma pada setiap gatra dan skala penyelenggaraan negara baik eksekutif, legislatif, maupun yudikatif, baik di pusat maupun di daerah," kata Din di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (12/10/2018).


Selain itu, menurut Din, faktor lain adalah hadirnya kepemimpinan yang transformatif. Sebab, pemimpin merupakan penentu utama dalam roda pemerintahan.

"Kepemimpinan merupakan faktor penentu berjalan tidaknya roda pemerintahan. Karena proses pembangunan ke arah kemajuan bangsa adalah proses perubahan, maka kepemimpinan negara perlu berwatak kepemimpinan perubahan," paparnya.


Tak hanya dua hal di atas, Din juga berbicara soal pentingnya penguasaan ilmu dan teknologi. Dia kemudian menyebut perlu adanya keseimbangan antara pembangunan infrastruktur fisik dan non-fisik.

Selain itu, Din menyinggung proses pembangunan di pusat dan daerah harus seimbang. Terakhir, Din mengatakan pentingnya suasana kebersamaan dalam memajukan kehidupan bangsa.

Dalam acara itu, hadir capres Prabowo Subianto. Prabowo didampingi Waketum Gerindra Fadli Zon dan Koordinator Jubir BPN Prabowo-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak. Selain itu, hadir Wakil Ketua TKN Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Arsul Sani, yang mewakili capres nomor urut 01.
(tsa/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed