DetikNews
Jumat 12 Oktober 2018, 18:17 WIB

PSI soal Pidato 'Game of Thrones' Jokowi: Winter Indonesia Itu Prabowo

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
PSI soal Pidato Game of Thrones Jokowi: Winter Indonesia Itu Prabowo Sekjen PSI Raja Juli Antoni (Muhammad Ridho/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan analogi hubungan antarnegara maju ibarat serial 'Game of Thrones' dalam pertemuan IMF-World Bank. PSI memuji pidato tersebut.

"Pidato ini adalah pidato ekonomi terbaik Pak Jokowi," kata Sekjen PSI Raja Juli Antoni kepada detikcom, Jumat (12/10/2018).

Antoni menilai, melalui pidatonya tersebut, Jokowi memberikan reorientasi ekonomi dunia. Bahwa korporasi lebih penting daripada kompetisi.

"Kerja sama lebih utama daripada saling menegasikan," ujarnya.


Antoni kemudian menjelaskan istilah 'winter is coming' yang diingatkan Jokowi. Artinya, kepemimpinan dunia yang egoistik yang menebar ancaman dan ketakutan adalah ancaman kolektif bersama. Ia pun menyebut kondisi winter yang ada Indonesia adalah capres nomor urut 02 Prabowo Subianto.

"'Winter Indonesia' itu Prabowo. Mendung, suram, kelam diselimuti ketakutan," kata Antoni.

Sementara itu, Ketua DPP PSI Tsamara Amany menyebut, melalui pidato itu, Jokowi tengah mencoba menjelaskan hubungan antarnegara maju menggunakan bahasa milenial. Selain itu, kata Tsamara, analogi tersebut sekaligus untuk membangun narasi solidaritas.

"Bahwa ada persoalan dunia yang harus jadi perhatian bersama, seperti perubahan iklim dengan analogi pertarungan Great Houses tapi juga jangan melupakan musuh bersama, yaitu evil winter. Analogi semacam ini juga digunakan beliau dalam World Economic Forum dengan analogi bahwa Thanos ada dalam diri kita masing-masing," tutur Tsamara.


Sebelumnya diberitakan, Jokowi mengingatkan pemimpin dunia bersiap menghadapi ketidakpastian global. Pria kelahiran Surakarta ini pun mengutip istilah 'winter is coming' dari film 'Game of Thrones'.

"Perang dagang semakin marak dan inovasi teknologi mengakibatkan banyak industri terguncang. Negara-negara yang tengah tumbuh juga sedang mengalami tekanan pasar yang besar. Dengan banyaknya masalah perekonomian dunia, sudah cukup bagi kita untuk mengatakan bahwa winter is coming," ujar Jokowi dalam plenary session IMF-WB 2018 di Nusa Dua Hall, Bali, Kamis (11/10).

"Namun akhir-akhir ini, hubungan di antara negara-negara ekonomi maju semakin lama semakin terlihat seperti 'Game of Thrones'. Balance of power dan aliansi di antara negara-negara ekonomi maju sepertinya tengah mengalami keretakan," imbuh Jokowi.
(mae/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed