DetikNews
Jumat 12 Oktober 2018, 17:47 WIB

Jaksa Agung Minta Kajati Sulteng yang Baru Kawal Dana Rehab Palu

Yulida Medistiara - detikNews
Jaksa Agung Minta Kajati Sulteng yang Baru Kawal Dana Rehab Palu Foto: Jaksa Agung di Hadapan Kejati Sulteng yang baru (Yulida-detik)
Jakarta - Jaksa Agung Prasetyo meminta Kajati Sulawesi Tengah yang baru dilantik M Rum untuk mengawal dana rehabilitasi wilayah terdampak gempa, Palu, Sigi dan Donggala. Ia menyebut kejaksaan memiliki peran untuk mengawasi dana agar tidak diselewengkan oknum tak bertanggung jawab.

"Ini semua menjadi tugas tambahan bagi Kejaksaan Tinggi Sulteng karena tentunya kita tahu dan berharap demikian banyak kucuran dana dari sumber lain yang diperuntukkan bagi pemulihan daerah itu. Yang tentunya karena itu harus betul-betul dikelola dan disalurkan sesuai peruntukkannya tidak ada penyimpangan dan penyelewengan dalam pengolahannya," kata Prasetyo, di Kejaksaan Agung, Jl Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Jumat (12/10/2018).



Ia mengatakan, tantangan yang akan dihadapi Kajati Sulteng adalah menata satuan kerja jajarannya. Selain itu Prasetyo menilai tantangan lainnya yang akan dihadapi adalah traumatis yang dialami pegawainya.

Namun ia meminta M Rum juga berfokus memberikan pelayanan bagi para pencari keadilan. Serta mengawal dana bantuan kepada korban terdampak bencana.

"Tidak kalah penting adalah tugas mendampingi, mengawal dan mengamankan pemulihan rehabilitasi dan restorasi kondisi dan situasi di Sulteng khususnya di Palu, Donggala dan Sigi yang mengalami kerusakan yang luar biasa, korban jiwa yang tidak sedikit dan harta benda yang sangat besar," ujar Prasetyo.



Prasetyo meminta agar bantuan yang masuk dari pemerintah dapat diawasi penegak hukum dengan seksama supaya tepat sasaran. Serta tak ada yang melakukan penyimpangan.

Sebelumnya, gempa bermagnitudo 7,4 mengguncang Palu pada Jumat (28/9) sore. Gempa memicu gelombang tsunami hingga 5 meter. Sejumlah bantuan dari domestik hingga internasional sudah mulai masuk ke Sulteng untuk membantu para korban terdampak bencana.


Saksikan juga video 'Tega! Memanfaatkan Bencana di Palu Menipu Orang':

[Gambas:Video 20detik]


(yld/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed