DetikNews
Jumat 12 Oktober 2018, 17:08 WIB

KIK Puji Pidato Game of Thrones Jokowi

Faiq Hidayat - detikNews
KIK Puji Pidato Game of Thrones Jokowi Budiman Sudjatmiko/ Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan analogi hubungan antarnegara maju ibarat serial 'Game of Thrones' di pertemuan IMF-World Bank. Jubir Koalisi Indonesia Kerja (KIK) Budiman Sudjatmiko memuji cara Jokowi berpidato di IMF-Wolrd Bank sangat cerdas.

"Menurut saya Pak Jokowi menggunakan dengan cerdas film atau tokoh yang populer. Film itu juga melihat kita masa depan beberapa film saya nonton Star Trek pakai komunikasi kecil sekarang sudah besar," ujar Budiman di Restoran Ayam Mbok Berek, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (12/10/2018).



Menurut Budiman, film yang disebut capres nomer urut 01 itu mencontohkan untuk melihat dunia. Sehingga kutipan Jokowi soal film seperti Avenger dan Game of Thrones mempunyai hubungan teknologi masa depan.

"Pak Jokowi mengutip sebuah film itu tidak main dan gaya-gayaan, tapi memang ada korelasi film dengan teknologi di masa depan yang kita tidak tahu lagi apa yang terjadi," ujar Budiman.

Dalam pidato Jokowi, Budiman menyatakan negara berkembang seperti Indonesia tidak boleh tertinggal dalam Industri 4.0. Indonesia juga merupakan big data yang bisa masuk Industri 4.0.



"Negara-negara berkembang seperti Indonesia asal dia mampu menjaga kedaulatan data itu mampu mengolah data dengan benar maka sebenarnya dia itu seperti sebuah negara yang punya ladang minyak besar di dunia," jelas Budiman.

Selain itu, Budiman juga menyindir capres nomer urut 02 Prabowo Subianto yang menyebut ekonomi kebodohan. Dia menilai Prabowo tidak membangun optimisme dan kecerdasan di Indonesia.

"Jadi Pak Prabowo ini agak aneh, saat membangun optimisme untuk bisa memimpin revolusi industri 4.0, Indonesia terancam akan bubar," kata Budiman.

Jokowi sebelumnya mengingatkan pemimpin dunia bersiap menghadapi ketidakpastian global. Pria kelahiran Surakarta ini pun mengutip istilah 'winter is coming' dari film 'Game of Thrones'.

"Perang dagang semakin marak dan inovasi teknologi mengakibatkan banyak industri terguncang. Negara-negara yang tengah tumbuh juga sedang mengalami tekanan pasar yang besar. Dengan banyaknya masalah perekonomian dunia, sudah cukup bagi kita untuk mengatakan bahwa: winter is coming," ujar Jokowi dalam plenary session IMF-WB 2018 di Nusa Dua Hall, Bali, Kamis (11/10).

"Namun akhir-akhir ini, hubungan di antara negara-negara ekonomi maju semakin lama semakin terlihat seperti 'Game of Thrones'. Balance of power dan aliansi di antara negara-negara ekonomi maju sepertinya tengah mengalami keretakan," imbuh Jokowi.



Saksikan juga video 'Soal Pidato 'Game of Thrones' Jokowi, Mendag: Maknanya Dalam':

[Gambas:Video 20detik]


(fai/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed