DetikNews
Jumat 12 Oktober 2018, 16:12 WIB

Diduga Hendak Tawuran, 12 Pelajar Bergolok Naga Ditangkap di Cakung

Ibnu Hariyanto - detikNews
Diduga Hendak Tawuran, 12 Pelajar Bergolok Naga Ditangkap di Cakung Foto: Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Tony Surya Putra memperlihatkan senjata tajam yang diamankan dari para pelajar. (Ibnu-detikcom)
Jakarta - Polisi menangkap 12 pelajar SMK yang kedapatan membawa senjata tajam di Cakung, Jakarta Timur. Polisi menduga pelajar itu akan tawuran.

"Kita sore ini rilis hasil ungkap kepemilikan senjata tajam. Kita amankan dari beberapa pelajar dari 2 SMK. Ada 12 orang kita amankan,"kata Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Tony Surya Putra di Mapolres Jaktim, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (12/10/2018).


Penangkapan berawal ketika Tim Raimas Polres Metro Jakarta Timur melalukan patroli rutin di Jalan Tipar Cakung pada Kamis (11/10) sekitar pukul 17.00 WIB. Tim curiga dengan segerombol pelajar yang sedang nongkrong di warung.

"Tim mendapatkan kerumunan pelajar yang masih memaki seragam. Kita lakukan penggeladahan mulai dari tas hingga badan. Lalu tim juga menggeladah motor mereka dan terdapat 7 senjata tajam jenis golok dan samurai,"jelas Tony.

Sebanyak 7 senjata tajam itu terdiri dari 4 golok, 2 samurai dan 1 cobek. Di antara golok itu ada yang bergambar naga.

Tony menambahkan dari 12 pelajar itu mengaku sengaja membawa senjata tajam untuk persiapan tawuran. Dua belas pelajar itu berinisial AR, SA, AS, RF, GA, RO, MI, AJ, HW, NT, TA dan NO. Dari 12 pelajar itu terdapat satu pelajar perempuan

"Dari dua belas pelajar kita tetapkan 3 orang tersangka. Dia yang bawa senjata tajam dan diserahkan ke temannya,"kata Tony.


Tony mengatakan para tersangka dikenakan Pasal 2 ayat 1 UU Darurat nomor 12 tahun 1951 dengan ancaman pidana penjara di atas 5 tahun. Menurut Tony, untuk tersangka di bawah umur akan ditangani Balai Permasyarakatan Peradilan Anak (Bapas)

"Untuk yang di bawah umur proses hukum tetap jalan dan ditangani oleh pihak berwenang, tidak ditahan di kepolisian tapi di Bapas,"terangnya.


Saksikan juga video 'Tawuran Pelajar Terjadi di Jatinegara':

[Gambas:Video 20detik]


(ibh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed