DetikNews
Jumat 12 Oktober 2018, 15:55 WIB

Jokowi Bicara Winter is Coming, Tim Prabowo: Ekonomi RI Tengah Sulit

Andhika Prasetia - detikNews
Jokowi Bicara Winter is Coming, Tim Prabowo: Ekonomi RI Tengah Sulit Koordinator BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak (Foto: dok. Facebook Dahnil Anzar Simanjuntak)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengutip istilah 'winter is coming' dari serial 'Game of Thrones' untuk menggambarkan kondisi perekonomian global saat ini. Apa kata Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno?

"Bagus. Saya yakin Pak Jokowi sudah menonton semua film itu sehingga beliau hafal," ujar Koordinator BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak, melalui pesan singkat kepada detikcom, Jumat (12/10/2018).


Dahnil pun menggambarkan kondisi perekonomian Indonesia yang dinilainya tengah sulit. Indonesia, kata Dahnil, akan terpuruk ketika ada 'economy shock' dari kondisi global.

"Ekonomi Indonesia sedang sulit, rupiah terus tertekan, rakyat terus mengeluh harga-harga mahal dan lapangan pekerjaan sulit, itulah kenapa Jokowi membatalkan kenaikan harga BBM yang sudah diumumkan satu jam sebelumnya," katanya.


"Didasari fakta ekonomi Indonesia sedang sulit, apalagi fundamental ekonomi kita rapuh, ketika ada 'economy shock' dari luar, yakni kondisi ekonomi global, Indonesia akan semakin terpuruk secara ekonomi," imbuh Dahnil.

Sebelumnya, Jokowi mengingatkan kepada seluruh pejabat dunia yang hadir dalam acara IMF-World Bank (WB) tahun 2018 untuk mewaspadai fenomena baru yang mengancam ekonomi. Ancaman tersebut, kata dia, datang setelah para pemangku kebijakan di dunia berhasil menyelamatkan ekonomi dari krisis keuangan.

Presiden Jokowi di acara IMF-WB.Presiden Jokowi di acara IMF-WB. (Foto: Biro Pers Setpres)

Menurut Jokowi, laporan dari Christine Lagarde menyebut ekonomi negara masih dibayangi perbaikan data ekonomi Amerika Serikat. Jokowi menyebut ekonomi saat ini seperti winter is coming.

"Perang dagang semakin marak dan inovasi teknologi mengakibatkan banyak industri terguncang, negara-negara yang tengah tumbuh sedang mengalami tekanan pasar yang besar. Dengan banyaknya masalah perekonomian dunia, sudah cukup kita mengatakan bahwa winter is coming," ujar Jokowi di Nusa Dua Hall, Bali, hari ini.


Saksikan juga video 'Jokowi Ramalkan Perang Perekonomian Dunia bak Game of Thrones':

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed