DetikNews
Jumat 12 Oktober 2018, 14:23 WIB

Jokowi Ingatkan Winter is Coming, Gerindra: 2019 Ganti Presiden

Tsarina Maharani - detikNews
Jokowi Ingatkan Winter is Coming, Gerindra: 2019 Ganti Presiden Andre Rosiade (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengibaratkan kondisi perekonomian global saat ini dengan istilah 'winter is coming', yang dikenal dalam serial 'Game of Thrones'. Partai Gerindra bicara 2019 ganti presiden.

Anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade membandingkan kepemimpinan Presiden Joko Widodo dengan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dengan peringatan Jokowi itu, ia mempromosikan kembali pasangan jagoannya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Di zaman Pak Jokowi lebih susah daripada zaman Pak SBY. Makanya 2019 kita harus ganti Presiden dengan Pak Prabowo dan Bang Sandi," kata Andre kepada wartawan, Jumat (12/10/2018).


Meski begitu, Andre mengapresiasi pidato yang disampaikan Jokowi. Namun ia mengingatkan masyarakat tak butuh pidato memukau, melainkan kerja nyata pemerintah.

"Untuk pencitraan di mata dunia bagus itu. Tapi kan yang dibutuhkan masyarakat bukan pidato bagus, bagaimana realitasnya di masyarakat agar tidak sulit, tidak mengeluh, menjerit. Itu faktanya," ujarnya.

Saat ini Andre menilai masyarakat menjerit, terutama soal lapangan pekerjaan yang minim. Ia berharap Jokowi tak sekadar membuat pencitraan lewat pidatonya di hadapan pejabat dunia yang hadir dalam acara IMF-World Bank (WB).

"Bagaimana pidato Pak Jokowi itu harus terasa realisasinya di tengah masyarakat. Bagaimana masyarakat Indonesia merasakan pidato Pak Jokowi bukan hanya pencitraan. Kan bagaimana lapangan pekerjaan ada, masyarakat tidak sulit lagi. Itu yang terjadi kan," tutur Andre.


Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada seluruh pejabat dunia yang hadir dalam acara IMF-World Bank (WB) tahun 2018 untuk mewaspadai fenomena baru yang mengancam ekonomi. Ancaman tersebut, kata dia, datang setelah para pemangku kebijakan di dunia berhasil menyelamatkan ekonomi dari krisis keuangan.

Menurut Jokowi, laporan dari Christine Lagarde menyebut ekonomi negara masih dibayangi perbaikan data ekonomi Amerika Serikat. Jokowi menyebut ekonomi saat ini seperti winter is coming.

"Perang dagang semakin marak dan inovasi teknologi mengakibatkan banyak industri terguncang, negara-negara yang tengah tumbuh sedang mengalami tekanan pasar yang besar, dengan banyak masalah perekonomian dunia sudah cukup kita mengatakan bahwa winter is coming," ujar Jokowi di Nusa Dua Hall, Bali, hari ini.


Simak Juga 'Jokowi Sebut Ekonomi Negara Maju Layaknya Serial Game of Thrones':

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +