DetikNews
Kamis 11 Oktober 2018, 17:30 WIB

Viral Mushaf Alquran Disebut Sesat, Ternyata Beda Sistem Penulisan

Rina Atriana - detikNews
Viral Mushaf Alquran Disebut Sesat, Ternyata Beda Sistem Penulisan Kantor Kementerian Agama (Foto: dok. Kemenag)
Jakarta - Media sosial Facebook diramaikan oleh video yang membahas mushaf Alquran yang diduga penulisannya telah diubah. Dalam video itu, Alquran tersebut diduga diubah sejak di sampulnya.

Dilihat detikcom, Kamis (11/10/2018), dalam video berdurasi 2 menit itu, seorang pengunggah menjelaskan mengenai apa-apa saja yang berubah dari Alquran pada umumnya. Misalnya saja tulisan Alquran pada sampul telah diubah menjadi 'Alfuran'.

"Al_Qur'an yg sudah diubah.. Hati" bagi semua ummahat wa ukhty na..." tulis pengunggah dalam caption video yang diunggah pada Selasa (9/10) itu.


Kementerian Agama kemudian memberi penjelasan mengenai video yang beredar itu. Menurut Kemenag, penulisan dalam Alquran di video itu menggunakan tulisan Maghribi, yang berbeda dengan mushaf Alquran standar Indonesia.

"Perbedaan tersebut antara lain pada penulisan huruf fa' dan qaf. Huruf fa' dalam sistem penulisan Maghribi menggunakan satu titik di bawah huruf fa', sementara huruf qaf menggunakan satu titik di atas," tulis Kemenag dalam keterangan tertulisnya yang diunggah melalui akun Twitter @Kemenag_RI.


"Kedua sistem penulisan tersebut benar dan masih digunakan dalam penerbitan dan pencetakan mushaf Alquran di dunia Islam sampai saat ini," jelasnya.

Berikut penjelasan Kemenag selengkapnya:

Viral Mushaf Alquran Disebut Sesat, Ternyata Beda Sistem PenulisanFoto: Dok. Kemenag




Saksikan juga video 'Penjelasan Nota yang Dicetak di Balik Lembaran Alquran':

[Gambas:Video 20detik]


(rna/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed